komponen komputer

Macam Macam Jenis Mouse Komputer Lengkap Dengan pengertian dan Fungsinya

By

on

Macam Macam Jenis Mouse Komputer Lengkap Dengan pengertian dan Fungsinya 

Pro.Co.Id – Untuk dapat menjalankan komputer dibutuhkan perangkat device yang disebut dengan mouse untuk dapat mengoperasikannya. Karena tanpa menggunakan mouse kita akan sedikit kesulitan untuk melakukan pekerjaan, terkecuali anda menggunakan Laptop, karena dalam perangkat laptop sudah dilengkapi dengan Mouse (Touch Pad).

Artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari mouse. Di era teknologi yang berkemang pesat seperti saat ini juga membuat perangkat mouse mengembangkan produknya menjadi lebih canggih. Diawal kemunculannya Mouse berukuran lebih besar dan masih menggunakan Bola pada bagian bawahnya sebagai alat penggeraknya, semakin berkembangnya mouse saat ini banyak yang sudah menggunakan Mouse Optical maupun menggunakan Mouse Wirelles.

Pengertian dan Fungsi Mouse

Pengertian Mouse – Mouse merupakan suatu device yang digunakan untuk mengontrol komputer dengan bentuk pointer. Cara kerja mouse yaitu sesuai dengan perintah user, karena pointer hanya dapat berjalan dengan dimainkan dengan tangan si User. Tanpa mouse, user masih dapat bekerja yaitu dengan menggunakan keyboard sebagai pengganti mouse namun kinerja dan kecepatannya lebih lambat dibandingkan menggunakan mouse .

Fungsi Mouse – Fungsi mouse yaitu untuk mengatur pergerakan kursor secara cepat, Selain itu digunakan untuk memberikan perintah dengan menekan tomnol yang terletak pada mouse. Fungsi lainnya antara lain.

  • Sebagai penggerak pointer baik itu klik atau drag and drop.
  • Memperbesar dan memperkecil tampilan.
  • Melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
  • Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  • Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika
  • Klik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi.

3 Bagian Mouse

Terdapat 3 bagain yang terdapat pada Mouse, dan setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing, antara lain sebagai berikut:

  • Klik Kanan
    Klik kanan berfungsi untuk melihat perintah yang bersifat pengaturan.
  • Klik Kiri
    Klik kiri berfungsi untuk memilih atau untuk menyeleksi file, menjalankan perintah, membuka link, klik pada tombol dialog dan fungsi lainnya.
  • Scroll
    Scroll berfungsi untuk menggerakkan tampilan halaman layar atas ke bawah atau sebaliknya.

Jenis jenis Mouse

Semakin berkembangnya dunia teknologi, berdampak pula pada perkembangan mouse. Di awal kemunculannya mouse memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang biasa kita lihat sekarang. Berikut ini merupakan beberapa jenis Mouse yang akan kita ulas dan anda dapat melihat beberapa peredaan namun memiliki fungsi yang sama.

Berdasarkan jenisnya mouse dibedakna menjadi 2 jenis, yaitu mouse trackball dan mouse optic.

  • Mouse Trackball
    Jenis mouse track ball ini dapat dengan mudah kita kenali, yaitu anda dapat melihat perbedaannya ketika mose diletakkan secara terbalik dan akan terdapat bola kecil yang digunakna untuk menggerakkan pointer.

mouse-trackball

  • Mouse Optical
    Jenis mouse optical merupakan mouse yang menggunakna teknologi optic untuk menggrakan pointer yang diletakkan pada bagian bawah mouse.

mouse-optical

Selain dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, mouse juga dapat dibedakan berdasarkan Portnya, seperti beberapa jenis mouse berikut ini.

  • Mouse Serial
    Mouse serial merupakan jenis yang banyak digunakan pada era komputer pentium 1 sampai komputer pentium 3. Dapat dilihat dari bentuk port nya masih menggunakan port Serial yang memiliki beberpa pin pada ujung portnya.

mouse-serial

  • Mouse PS2
    Mouse PS2 memeiliki perbedaan pada ujung portnya yaitu dengan ciri berwarna hijau pada ujung kabelnya, warna hijau inilah yang membedakan peletakan Mouse dan keyboard pada bagian port I/O CPU. Jika pada ujung port mouse berwarna hijau dan pada ujung port keyboard berwarna Ungu.

mouse-ps2

  • Mouse USB
    Mouse USB merupakan jenis mouse yang paling umum digunakan saat ini, karena jenis mouse ini sangat kompatibel dengan tipe komputer zaman sekarang. Jika dilihat dari bentuknya, mouse USB memiliki bentuk port pada ujungnya.

mouse-usb

  • Mouse Wireless
    Teknologi terbaru dari mouse sekarang ini yaitu munculnya mouse dengan fitur wireless. Mouse ini lebih praktis karena tidak lagi menggunakan kabel dan dapat digunakan dari jarak dengan berjauhan dengan komputer. Selain lebih praktis mouse wireless ini memiliki kekurangan yaitu penggunaan mouse ini menggunakna baterai yang diletakkan pada mouse sehingga kita harus menggantinya secara berkala jika baterai sudah low.

mouse-wifi

Demikian informasi yang diberikan semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares