komponen komputer

Komponen Komponen Motherboard Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasan

By

on

Komponen Komponen Motherboard Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasan

Pro.Co.Id – Motherboad yaitu induk dari semua komponen yang terdapat dalam CPU. Motherboard merupakan komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Motherboard memiliki beberapa fungsi penting yaitu untuk menentukan dan mengatur alat yg akan dipasangkan di komputer, selain itu juga komponen komputer dan menentukan kemampuan sistem. Motherboard memiliki komponen penting seperti soket, chipset sistem dan bermacam slot seperti slot prosesor, slot RAM, slot Ekspansi, dan juga port-port seperti port USB, mouse, keyboard, port untuk printer firewire, dsb.

Artikel kali ini kita akan bahas seputar bagian dari komponen motherboard lengkap dengan fungsinya dalam komputer. Jika komputer menggunakan case desktop, sistem board akan terletak didasar case komputer. Jika komputer menggunakan case tower, sistem board biasanya akan terletak di satu sisi secara vertikal. Semua komponen yang terhubung ke dalam unit akan terkoneksi secara langsung dalam sistem board.

Komponen Motherboard

Socket Prosessor / CPU Socket

slot prosessor

Socket Prosessor / CPU Socket merupakan tempat yang digunakan unuk memasang prosesor. Soket prosessor pada komputer biasaanya berada pada area yang selalu dikelilingi oleh 4 lubang yang digunakan Heatsink Fun, karena Prosessor sangat memerluakan penghantar panas saat bekerja.

Ketika kita memilih motherboard sebaiknya kita memperhatikan jenis socket prosessor terdahulu, karena setiap jenis socket berbeda-beda dan tidak dapat terpasang oleh sembarang prosessor. Karena satu jenis prosessor sudah memiliki socketnya masing-masing, dan tidak dapat dipasang ke socket lain.

Slot Memory

slot ram

Slot memory memiliki bentuk memanjang yang berfungsi sebagai tempat untuk memasangkan RAM. Pada umumnya posisi slot memory ini bersebelahan dengan socket prosessor, dan biasanya jumlahnya lebih dari satu slot.

Jenis RAM berbeda-beda, dan setiap jenis RAM (DDR,DDR2,DDR3) memiliki jenis slot yang berbeda pula. Karena hal itulah kita harus selalu memperhatikan ketika kita membeli RAM untuk komputer kita.

Slot IDE dan Slot SATA

ide sata

Slot IDE dan Slot SATA memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki fungsi yag sama yaitu digunakan untuk menghubungkan Hardisk atau CD-ROM ke motherboard. Ciri fisk dan slot IDE adalah bentuknya yang agak memanjang, menyesuaikan dengan kondisi fisik kabel data IDE. Sedangkan untuk slot sata, bentuk fisiknya lebih kecil, dan tidak terlalu memakan tempat, karena kabel data SATA juga bentuknya relatif kecil.

Slot AGP dan PCI Express x16

pci agp

Fungsi dari Slot AGP dan PCI Express x16 yaitu sebagai tempat untuk memasangkan VGA Card atau Graphic Card. AGP adalah jenis lama dan sudah jarang ditemukan di motherboard jenis baru. Kebanyakan motherboard sudah pada menggunakan slot PCI Express untuk penghubung dengan kartu grafis.

Posisi slot ini pada umumnya berdekatan dengan slot PCI, bahkan hampir sejajar. Standarnya, slot AGP dan PCI Express ini jumlah hanya satu per motherboard. Bentuknya sama-sama memanjang, karena menyesuaikan VGA Card.

Slot PCI dan PCI Express x1

Slot PCI dan PCI Express x1 digunakan untuk memasang berbagai macam peripheral tambahan. PCI Express ada dua macam, yaitu PCI Express x16 (untuk VGA Card) dan PCI Express x1 (untuk peripheral tambahan).
Slot PCI ini biasanya tersedia lebih dari satu slot, karena untuk mengantisipasi banyaknya peripheral tambahan yang terpasang nantinya.

BIOS

bios

BIOS (Basic Input Output Sistem) merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS bertanggung jawab atas kesiapan komputer dalam melakukan booting dengan mengecek hardware yang terpasang pada komputer.

Namun saat ini BIOS sudah mulai digantikan dengan UEFI yang hadir dengan teknologi yang lebih canggih. Secara fisik bentuk dari BIOS atau UEFI ini seperti chip, tempatnya pun tidak menentu di setiap jenis motherboard. Tetapi biasanya terdapat bacaan BIOS atau nama produsennya pada alasnya.

Battery CMOS

cmos

Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan sebuah battery kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuk seperti battery jam tangan, hanya saja bentuknya yang lebih besar.

Power Connector

conenct power

Connector ini menghubungkan motherboard dengan power supply agar motherboard bisa mendapatkan daya listrik. Biasanya berjumla 20-24 pin.

I/O Ports

port IO

I/O Ports biasanya berada di bagian luar casing. Merupakan kumpulan port sebagai input maupun output data komputer. Terdiri dari USB, LAN, VGA, SERIAL, PS/2.

Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares