jaringan komputer

Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya Lengkap Penjelasan

By

on

Pro.Co.Id – Komponen utama komputer merupakan komponen yang harus ada pada komputer yang menunjang sistem kerja dari komputer itu sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada maka sistem tidak dapat berjalan dengan semestinya. Kompone utama salam komputer dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Hardware
    Hardware merupakan perangkat keras, adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan.
  • Software
    Software adalah perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh sistem komputer.
  • Brainware
    Brainware adalah orang yang menggunakan komputer (user).

Komponen Hardware

Komponen Hardware komputer terbagi menjadi 3 katergori yaitu input, output, dan proses. Simak masing-masing penjelasannya dalam ulasan dibawah ini.

Bagian Input

Komponen-komponen yang termasuk pada bagian input antaralain:

a. Keyboard
Keyboard berfungsi sebagai penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard. Keyboard biasanya menyerupai mesin ketik manual (untuk susunan peletakkan
hurufnya).

b.Mouse
Mouse berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Dengan keberadaan mouse maka akan membuat kita akan semakin untuk mengatur posisi pointer sesuai dengan keinginan kita dengan cepat.

c. Floppy disk
Floppy disk berfungsi untuk memindahkan data dari komputer sau ke komputer lain. floppy disk memiliki kapasitas memory kecil, sehingga saat ini floopy disk sudah sangat jarang digunakan dan beralih ke Flashdisk karena lebih mudah penggunaanya serta memiliki kapasitas yang bida disesuaikan.

d. Piranti Optik
Beberapa type piranti optik yaitu CD ROM, CD RW, Optik DVD, DVD RW (DVD COMBO) berfungsi sebagai alat pembaca inputan dari CD.

Bagian Proses

Bagian bagian ini terdapat pada CPU (Central Prosecing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dari sebuah proses komputer, karena dalam CPU terdapat proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, megolah sampai mngeluarkan inputan. Beberapa bagian terpenting tersebut antara lain:

a.Memory (RAM)
RAM adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data sementara ketika kita menjalankan program komputer

b. Motherboard
Motherboad yaitu induk dari semua komponen yang terdapat dalam CPU. Motherboard merupakan komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Motherboard memiliki beberapa fungsi penting yaitu untuk menentukan dan mengatur alat yg akan dipasangkan di komputer, selain itu juga komponen komputer dan menentukan kemampuan sistem. Motherboard memiliki komponen penting seperti soket, chipset sistem dan bermacam slot seperti slot prosesor, slot RAM, slot Ekspansi, dan juga port-port seperti port USB, mouse, keyboard, port untuk printer firewire, dsb.

c. Prosesor
Prosesor merupakan komponen utama pemrosesan data. Di dalam komponen ini seluruh interpretation diproses berdasarkan module yang dijalankan.

d. Hard Disk
Hard disk merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan interpretation dan module yang diperlukan oleh seluruh komponen (komputer). Komponen lainnya yang fungsinya sama dengan tough hoop adalah Disk Drive (CD, DVD), Floppy-Drive.

e. Komponen Perantara antara Prosesor dengan Input dan Output.
Komponen ini umumnya berbentuk komponen tambahan berupa kartu atau Slot/Port:

  • Kartu VGA, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan layar penampil (monitor).
  • Kartu Audio, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan speaker.
  • Kartu Firewire, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen submit berkecepatan tinggi seperti kamera video.
  • Kartu TV Tuner, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen submit untuk menerima siaran televisi.

Bagian OutPut

Bebera bagian komponen output antara lain:

a. Monitor
Komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. Termasuk menampilkan interpretation hasil pengolahan.

b.Printer
Printer digunakan untuk mencetak hasil dari proses inputan dalam komputer.

c. Speaker
Untuk menyampaikan informasi atau interpretation hasil pengolahan dalam bentuk gelombang suara.

Komponen Software

Software terbagi dalam bebrapa jenis, yaitu

a. Sistem Operasi
Sistem operasi adaah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinggasaling berinteraksi. Misalnya sistem operasi DOS, Unix, LINUX, Window, Mac Os dsb.

b. Program Utility
Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.

c. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan rogra yang dibuat oleh programer untuk meakukan pekerjaan tertentu sesuai dengan program yang dibuat oleh programmer.

d.Program paket
Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.

e.Bahasa Pemrograman
Adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll. Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat :

  • Low Level Language, bahasa pemrograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya
    menggunakan bahasa mesin.
  • Middle Level Language, bahasa pemrograman tingkat menengah ini instruksinya sudah mendakati bahasa sehari-hari, tapi masih sulit untuk dimengerti. Contoh: Assembler, ForTran.
  • High Level Language, bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh: BASIC, Pascal, C, dll.

Sekian informasi yang diberikan seputar komponen komponen komputer serta fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke Pro.Co.Id

You must be logged in to post a comment Login

Shares