jaringan komputer

Jenis Kabel Yang Digunakan Dalam Jaringan

on

Pro.co.id – Salah satu kebutuhan yang terpenting dalam suatu jaringan adalah Kabel yang mana merupakan sebua media transmisi agar pada setiap komputer atau perangkat bisa saling terhubung dan melakukan komunikasi. Sebenarnya ada media lainnya yang tidak mengunakan kabel, diana media transmisi tanpa menggunakan kabel tersebut di namakan Wireless. Jika di lihat dari segi OSI Layer, Jaringan atau media komunikasi ini terletak di bagian paling bawah yakni Physical Layer.

Jika di banding dengan transmisi menggunakan kabel, keunggulan menggunakan Kabel adalah dari segi akses kecepatannya lebih stabil serta memiliki jangkauan yang cukup jauh. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai berbagai jenis kabel apa saja yang terdapat dalam jaringan Komputer. Umumnya ada 3 kabel yang di gunakan sebagai media transmisi agar ke semua komputer dapat terhubung menggunakan Kabel di antaranya adalah Coaxial, Twisted Pair, dan Fiber Optik. dari masing-masing jenis kabel tersebut akan di jelaskan secara lengkap di bawah ini :

1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial merupakan salah satu jenis kabel yang berdasarkan dua buah penghantar yang mana sdi antara satu penghantarnya terletak di bagian engah kabel yang di selimuti dengan penghantar satunya lagi dengan bentuk pola melingkar. cara kerja dari Coaxial ini yakni menghantarkan berupa arus atau sinyal listrik dari sumbernya ke tujuan.

Untuk sekarang ini jenis kabel Coaxial sudah banyak yang meninggalkannya karena port yang di gunakan masih menggunakan Tipe BNC dan untuk saat ini sudah sangat jarang di temukan pada perangkat komputer atau Router. Bisa di katakan untuk instalasi jaringan menggunakan kabel coaxial ini cukup susah terlebih lagi pada pemasangan Konektor.

Jenis Kabel Yang Digunakan Dalam Jaringan 1

Beberapa bagian dari kabel coaxial adalah:

  1. Isolator luar (outer jacket) adalah bagiam kulit luar yang berfungsi untuk membungkus atau melindungi pada seluruh bagian kabel.
  2. Pelindung atau disebut juga grounding (barided copper shielding) Adalah berupa serabut kabel yang membungkus di bagian kabel dengan bentuk silang atau melingkar, yang mana berfungsi sebagai antisipasi terhadap frekuensi listrik yang tidak diinginkan.
  3. Isolator dalam (plastic insulation) adalah kulit pelapis pada kabel konduktor.
  4. Konduktor (copper cunductor) Bisa di katakan sebagai kabel utama atau tunggal yang memiliki fungsi sebagai medium transmisi data.

2. Kabel Twisted Pair

Adalah kabel jaringan yang terdiri dari beberapa kabel yang saling berpasangan. Seperti halnya dengan coaxial, untuk cara kerjanya pun dengan mengantarkan arus atau sebuah sinyal listrik dari sumber menuju ketujuan. Kabel jenis ini terbagi dari beberapa jenis yakni STP STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair).

Jenis Kabel Yang Digunakan Dalam Jaringan 2

STP merupakan jenis kabel yang mempunyai selubung pembungkus berbahan tembaga/alumunium foil yang di buat secara khusus dapat mengurangi gangguan listrik. sedangkan untuk UTP merupakan kabel yang di dalamnya terdapat 4 Pasang kabel seperti kabel Telpon.

Jangkuan maksimal dari Kabel Twisted pair ini lebih dari 100meter, untuk kecepatannya berbeda-beda mulai dari 10 Megabit per detik hingga 10000megabit/detik atau 10GB /Second

3. Kabel Fiber Optik

Sangat berbeda dengan kedua kabel yang di jelaskan di atas, yang mana kedua kabel tersebut menggunakan bahan tembaga sebagai media transmisinya. Sedangkan untuk Fiber Optik ini di buat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena kabel ini memiliki bahan dari kaca maka sinyal yang di transmisikan dari FO berupa cahaya.

Jadi, wajar saja jika Transmisi kabel ini lebih cepat jika di banding dengan dua kabel sebelumnya. Yang menjadi kekurangan dari kabel ini ialah gangguan (noise) dan seringterjadi jika tertekuk meski hanya sedikit.

Jenis Kabel Yang Digunakan Dalam Jaringan 3

Beberapa bagian kabel fiber optik diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pelindung kabel (cable jacket) adalah bagian pembungkus di bagian terluar yang memiliki fungsi untuk melindungi seluruh bagian kabel
  2. Pelindung fiber (strengthening fibers) berfungsi sebagai penjaga dari adanya benturan keras.
  3. Lapisan plastik (coating) memiliki fungsi sebagai penjaga jika kabel dari
  4. Lapisan tipis (cladding) Memiliki fungsi untuk pembatas dalam memuat gelombang cahaya sehingga data bisa di transmisikan.
  5. Fisik medium utama (core) Memiliki fungsi sebagai medium transmisi data.

Hanya itu saja yang bisa di sampaikan, sekarang anda tahu bagaimana menggunakan beberapa jenis kabel tersebut sesuai dengan kebutuhan. Umumnya pada jaringan komputer banyak yang menggunakan jenis Kabel Twisted Pair, Sedangkan untuk Coaxial di gunakan untuk kabel CCTV dan jaringan menggunakan teknologi Bus. Semoga Bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares