jaringan komputer

Jenis Jenis Server Berdasarkan Fungsi Dan Kegunaannya

By

on

Jenis Jenis Server Berdasarkan Fungsi Dan Kegunaannya

Komputer adalah seperangkat peralatan elektronik yang digunakan untuk mengolah data yang diberikan oleh pengguna (user). Komputer dalam menjalankan tugasnya membutuh tiga hal yaitu: Brainware, Hardware, dan Software.

Brainware adalah otak si pengguna, dimana dari otak yang melakukan proses mengolah informasi mentah yang diinput ke dalam komputer melalui Hardware (perangkat keras), untuk kemudian diolah lebih lanjut dengan Software (perangkat lunak) sehingga menghasilkan informasi yang mudah dipahami.

Dari proses tersebut dapat diketahui, bahwa komputer tidak dapat bekerja sendiri, tapi bekerja berdasarkan data yang dimasukan oleh manusia yang menjadi pengguna komputer. Secanggih apapun komputer tersebut, tetap akan membutuhkan input dari manusia walaupun hanya untuk sekali waktu saja, yaitu pada saat komputer dijalankan.

Kemampuan komputer tersebut menjadikannya sebagai sebuah mesin ajaib yang melayani manusia sebagai pengguna. Sebagai contoh, Anda ingin membuat sebuah cover buku yang elegan. Untuk keperluan ini Anda akan dilayani oleh komputer dengan perangkat lunak desain seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, Adobe Photoshop, Ghimp, Inkscape, dan lain-lain.

Anda ingin mendengarkan musik, maka komputer akan melayani keperluan Anda tersebut dengan perangkat lunak pemutar musik seperti Windows Media Player, WinAmp, Banshee, dan lain-lain.

Anda membutuhkan laporan dari sebuah data yang dapat dijadikan sebagai informasi statistik dan komputer akan melayani Anda untuk keperluan ini dengan perangkat lunak pengolah statistik seperti Excel, dan lain sebagainya.

Bahkan bila Anda ingin membuat perangkat lunak itu sendiri, komputer tetap akan melayani Anda dengan perangkat lunak untuk pembangunan (development) seperti, C++, C#, Java, Pascal, Basic, Python, dan banyak lagi.

Kemampuan yang digambarkan di atas adalah kemampuan komputer untuk melayani (serve) penggunanya untuk mengolah data yang sesuai dengan keinginan si pengguna yaitu Manusia. Komputer jenis ini merupakan komputer berdiri sendiri (stand alone), tidak dalam sebuah jaringan komputer (network).

Terminologi diatas akan berbeda untuk komputer yang berada dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan informasi untuk dapat dipergunakan oleh komputer lainnya dalam mengolah sebuah informasi, atau sebuah komputer di jaringan yang menjalankan layanan tertentu seperti layanan voip, messaging, dan email. Pada posisi inilah terminologi server sebenarnya digunakan.

Komputer yang menyimpan dan menyediakan informasi dan komputer yang melayani tugas tertentu dalam jaringan yang kemudian dapat digunakan oleh komputer lainnya dalam jaringan tersebut dinamakan Server.

Server-server ini sangat banyak jenisnya, dan biasanya dikelompokkan berdasarkan fungsi atau jenis layanan yang diberikan oleh server tersebut.

Server Berdasar Fungsi

Dalam penamaan dan penyebutan sebuah server, Anda mungkin sering mendengar nama-nama seperti web server, mail server, database server, dan lain-lain.

Nama-nama tersebut adalah sebutan untuk server-server yang bertugas untuk memberikan layanan seperti yang disebutkan. Lebih spesifik lagi mungkin Anda akan mendengar nama-nama seperti MySQL Server, SQL Server, PostgreSQL Server, DB2 Server, Oracle Server dan lain-lain. Nama-nama ini adalah nama-nama spesifik untuk database server, dimana nama server tersebut dinamakan berdasarkan perangkat lunak layanan yang digunakan.

Berdasarkan fungsinya, sebuah server dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Server Aplikasi (Application Server)
  • Server DATA (Data Server)
  • Dan Server Layanan (Service Server)

Server Aplikasi

Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sumber dayanya untuk dapat diakses oleh komputer lainnya di jaringan.

Yang termasuk dalam katogori server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk program-program tertentu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, penjualan, dan lain sebagainya.

Server ini dalam skala kecil biasanya juga merangkap menjadi server data.

Server Data

Server ini berfungsi menyimpan dan memberikan data dari atau dan ke komputer yang ada dalam sebuah jaringan. Jadi semua data kegiatan yang ada dalam sebuah organisasi/perusahaan dapat ditampung oleh server jenis ini.

Bentuk datanya sendiri bisa berapa file-file dan folder-folder seperti yang dimiliki oleh komputer lain di jaringan, maupun data yang dimasukan ke dalam file basis data atau database.

Server yang menyimpan file dan folder yang sama dengan komputer lain di jaringan dinamakan File Server, sedangkan server yang menjalankan perangkat lunak database tertentu dinamakan database server.

Server Layanan

Server Layanan adalah sebuah server yang berfungsi menyediakan suatu layanan yang berhubungan dengan jaringan. Server jenis inilah yang menjadi tulang punggung internet dewasa ini. Karena banyak layanan-layanan internet seperti Hosting, DNS, DHCP, Apache, IIS dijalankan oleh server jenis ini.

Bukan hanya dalam jaringan internet saja, dalam sebuah jaringan organisasi pun server layanan banyak digunakan seperti untuk kebutuhan DHCP, Proxy, Layanan Direktori (Directory Service), dimana salah satu dari layanan ini dibutuhkan oleh komputer lainnya yang ada didalam jaringan.

Itulah beberapa jenis server dan fungsinya yang harus kita ketahui. Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam dunia jarinagan komputer. Tetap setia dengan postingan postingan lain di Pro.co.id 

You must be logged in to post a comment Login

Shares