jaringan komputer

Jenis-Jenis koneksi jaringan komputer

on

Pro.co.id – Secara umum, jaringan komputer di artikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung sehingga bisa saling berkomunikasi atau dapat melakukan berbagi Informasi serta kebutuhan komputerisasi lainnya. Jaringan komputer ini tidak serta merta menghubungkan antar beberapa komputer saja, tapi juga saling terhubung antara jaringan Lokal dengan jaringan lokallainnya yang di dialamnya terdapat beberapa komputer yang saling terhubung.

Pada jaringan komputer ada 3 buah jenis Koneksi yang harus anda ketahui. ketiganya di adalah sebuah konsep yang terdapat dalam dunia Networking, Pasalnya jenis konekso ini sangat sering di pakai dan di praktekan.

Pertama, Koneksi antara dua komputer

Untuk jenis koneksi antar dua komputer merupakan yang paling dasar atau sederhana yang mana nantinya akan menjadi jaringan yang luas. Karena pada dasarnay, semua jaringan yang terkoneksi dari antar komputer yang terhubung secara luas atau global awalnya dari koneksi antar 2 Komputer.

Model koneksi yang menghubungkan antara komputer ke komputer di sebut dengan nama point to poin. dengan mempelajari dari konsep dasar ini, maka anda akan lebih tahu mengenai gambaran bagaimana sebuh data dapat terkirim dan bagaiman prosesnya data tersebut bisa sampai ke tujuan.

Kedua, Koneksi antara komputer yang tergabung dalam jaringan local (LAN)

Koneksi ini sangat berbeda dengan konsep yang sebelumnya di bahas hal ini terlihat dari komunikasi serta pertukaran data. Untuk jenis koneksi ini terdiri dari beragam komputer yang saling terhubung hingga menjadi satu kesatuan yang mana nantinya hingga terbentuk sebuah jaringan LAN.

Di dalam jaringan LAN jenis ini, Komputer tersebut tidak saling terhubung secara langsung, namun dapat terhubung dengan sebuah perantara atau menggunakan perangkat dukungan yakni switch dan hub. Pada koneksi jenis ini menggunakan Mac Address sebagai sistem pengunaan alamatnya, dengan menggunakan metode broadcast.

Biasanya pada koneksi jenis ini akan terdapat 2 Jenis komputer yang saling terhubung yakni satu sebagai Server dan lainnya sebagai Client. atau kesemua komputer tersebut memiliki ketingkatan yang sejajar yakni Client.

Ketiga, Koneksi antara jaringan LAN

Dengan menggunkan jenis koneksi ini menjadikan komputer pada jaringan LAN A melakukan komunikasi dengan komputer yang berada pada jaringan LAN B. namun, tentu saja untuk proses pada koneksi ini tidak simpel seperti koneksi yang sebelumnya di bahas. Jenis koneksi ini bisa di katakan sedikit lebih rumit, dan tentunya untuk menggunakannya harus tahu terlebih dahulu tentang Routing. Sehingga dalam hal ini memerlukan sebuah Perangkat yang bernama Router.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares