Security

13 Hacker Paling Berbahaya di Dunia Termasuk Hacker Asal Indonesia

By

on

Pro.Co.Id – Hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari dan menerobos jaringan komputer yang bertujuan untuk keuntungan pribadi atau hanya iseng. Awalnya, hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yaang memiliki keahlian dalam ilmu komputer dan mampu membuat program komputer. Sedangkan pada 1983, hacker berubah menjadi negatif karena pada tahun tersebut FBI menangkap kelompok cyber crime bernama The 414s yang berbasis di AS, untuk pertama kalinya. Selanjutnya banyak orang yang mengaku hacker namun tidak bertanggung jawab sehingga para hacker asli menyebut mereka sebagai cracker. Hacker-hacker ini kemudian mengadakan pertemuan hacker tahunan terbesar di dunia yang dinamakan Def Con tiap pertengahan Juli di Las Vegas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Hacker (White Hat Hackers): peretas yang sebenarnya, memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang bersama., sedangkan Cracker (Black Hat Hackers): peretas yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup serta merusak suatu sistem.

Berikut ini merupakan Para hacker yang paling berbahaya di Dunia

1. Michael Calce

michael-calce
Hacker ini sering dikenal dengan nama MafiaBoy. Tahun 2000, saat masih duduk di bangku SMA di Canada, Michael Calce sudah berhasil meretas beberapa situ s besar yang baling banyak dikunjungi, seperti Yahoo! , FIFA , Amazon , Dell, eBay dan CNN dalam beberapa jam saja. Kerugian sistem yang diretas olehnya mencapai 93 Miliar Rupiah.

2. Kevin David Mitnick

kevin-david-mitnick
Kevin David Mitnick disebut dengan The Most Wanted Computer Criminal in United States History merupakan salah satu hacker yang paling berbahaya dan terkenal sepanjang masa. Kevin bertanggung jawab untuk meretas berbagai sistem komputer dan server bebrapa tahun lalu. Kevin juga berhasil juga meretas dan mencuri password komputer, mengubah jaringan komputer serta masuk ke jaringan komuter, dan membaca e-mail pribadi. Sampai-samapi kisah perjalananya diabadikan dalam sebuah film berjudul Takedown dan Downtime. Saat ini, kevin bekerja di industri keamanan dan membantu website serta perusahaan dalam upaya memblokir peretasan.

3. Yunus Attsaouly

yunus-attsaouly
Hacker berbahaya selanjutnya yaitu Yunus Attsaouly, atau lebih dikenal dengan Irhaby 007. Irhaby 007 merupakan salah satu hacker yang sering sekali muncul di jagat cyber Jihad. Irhaby dikenal juga sebagai simpatisan Al Qaeda yang juga seornag ahli komputer dan dunia Cyber. Irhaby mulai dicari oleh pihak AS beserta sekutunya saat membuat situs Youbomit dan menjadi admin dari forum Al Anshar Islami yang kabanyakan membernya seorah mujahidin.

4. Garry McKinnon

garry-mckinnon
Hacker selanjutnya yaitu Garry McKinnon, merupakan salah satu hacker berbahaya di dunia. Garry McKinnon adalah seornag administrator sistem komputer yang pernah meretas sistem komputer militer AS. Garry mencari informasi tentang energi bebas dan UFO, serta menghapus file OS penting, selain itu Garry McKinnon pernah menyebabkan kerusakan sistem kontrol rudal yang ditaksir bernilai ribu dollar AS.

5. Jim Geovedi

jim-geovedi
Jim Geovedi merupakan hacker berbahaya yang berasal dari Indonesia. Jim Geovedi berbeda dengan hacker-hacker indonesia lainnya. Hacker asal Indonesia ini mampu meretas satelit. Peretasan tersebut dilakukan untuk mendapatkan informasi karena ia pernah menjadi pembicara atas isu keamana satelit.

6. Jonathan Joseph James

jonathan-joseph-james
Jonathan Joseph James merupakan hacker berbahaya selanjutnya. Hacker ini telah meninggal di tahun 2008 karena bunuh diri. Pada saat hidupnya, Jonathan telah berhasil mencusi software NASA dan membuat NASA harus mematikan servernya selama kurang lebih 3 minggu sehingga NASA mengalami kerugian hingga 600 Juta.

7. Adrian Lamo

adrian-lamo
Hacker yang berprofesi sebagai jurnali ini merupakan salah satu hacker berbahaya di dunia, ia mampu menjadi hacker maupun craker. Adrian dikenal setelah ia berhasil menjebol sistem komputer The New York Times, Yahoo!, hingga Microsoft pada tahun 2002. Ia dapat pula mengidentifikasi kekurangan dan keamanan jaringan komputer dari perusahaan-perusahaan besar ternama.

8. Owen Walker

owen-walker
Owen Walker lebih dikenal dengan sebutan Akill , merupakan hacker berbahaya dan paling terampil dalam melancarkan serangan kesumlah situs web dan sistem komputer selama beberapa tahun ini. Owen Walker bertanggung jawab atas penciptaan virus akbot yang mamapu mengambil kendali dari jutaan komputer diseluruh Dunia, mulaid ari menggunakannya utnuk menyerang sasaran. Prediski kerugian akibat Owen Walker berkisar 346 miliar rupiah.

9. Albert Gonzales

albert-gonzales
Albert merupakan hacker yang memiliki banyak kekayaan dari keahliannya dalam mencuri kartu kredit dan nomor ATM. Total hasil pencurian yang dilakukan olehnya daari tahun 2005 hingga 2007 mencapai 2,5 triliun rupiah dari lebih 170 juta rincian kartu kredit.

10. Astra

astra
Hacker paling berbahaya selanjutnya belum diketahui namanya, namun menurut polisi di Yunani mengungkapkan bahwa Hacker tersebut merupakan ahli matematika yang telah berusia 58 Tahun dan merupakan penduduk Athena. Hacker ini telah melakukan peretasan cyber sejak tahun 2002 dan peretasan terparah dilakukannya pada tahun 2005 karena ia telah berhasil menyusup ke sistem perusahaan militer Perancis bernama Dassault. Ia mencuri informasi tentang beberapa senjata, pesawat terbang dan teknologi lainnya lalu menjual ke pihak lain.

11. Jeanson James Ancheta

jeanson-james-ancheta
Jeanson James Ancheta merupakan hacker berbahaya selanjutnya yang telah berhasil membajak 500.000 mesin dalam jangka waktu satu tahun dan menyewakan jasa bagi siapa saja yang ingin mengambil alih website tersebut. Jeanson James Ancheta ditangkan dalam operasi FBI dan dihukum selama 60 bulan penjara.

12. Vladimir Levin

vladimir-levin
Vladimir Levin merupakan hacker yang meretas rekening nasabah suatu bank untuk mendapatkan keuntungan besar. Pada tahun 1994, Vladimir Levin berhasil mengakses jarinagn Citibank, Ia mampu mencuri lebih dari 10 juta dolar AS dari rekening nasabah bank tersebut.

13. Michael Bevan dan Richard Pryce

michael-bevan-dan-richard-pryce
Michael Bevan dan Richard Pryce merupakan hackr yang berasal darai Inggris, mereka mulai mengakses sistem komputer milik Angkatan Udara Amerika Serikat, NATO, dan NASA. Mereka juga menyebabkan hilangnya beberapa file penting dalam sistem tersebut. Selain itu mereka juga pernah menyusup ke sebuah fasilitas korea utara dan memindahkan informasi tentang program nuklir milik mereka ke server Angkata Udara Amerika Serikat (USAF). Karena ulah mereka pula berhasil memicu konflik antar kedua negara, karena Korea Utara menganggap Amerika Serikat telah mencuri data penting mereka dan akan melancarkan serangan balasan.

Semoga bermanfaat ..

You must be logged in to post a comment Login

Shares