jaringan komputer

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer Lengkap dengan Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

By

on

Penjelasan Lengkap Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer desertai Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja Firewall

Pro.Co.Id – Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Istilah tersebut tidak asing didengar untuk anda yang mengetahui tentang jaringan komputer, istilah firewall digunakan sebagai istilah generik yang merujuk pada fungsi sebagai pengatur komunikasi antara dua jaringan yang berlainan.

Simak penjelasan secara detail seputar pengertian dan fungsi dari firewall dibawah ini.

Pengertian Firewall

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar. Firewall merupakan suatu cara untuk memastikan bahwa data pada komputer atau server Web yang terhubung tidak akan bisa diakses siapa saja di Internet. Pihak lain yang mengakses informasi pribadi atau mengubah situs Web anda akan di blokir oleh Firewall.

Firewall yaitu seperangkat program yang saling terhubung, yang beerada di server gateway jaringan, yang berfungsi untuk melindungi sumber daya dari jaringan pribadi dari pengguna dari jaringan lain. Dengan intranet suatu perusahaan memungkinkan pekerjanya mengakses ke Internet lebih luas menginstal firewall untuk mencegah orang luar mengakses sumber daya pribadi untuk mengendalikan data.

Firewall, pada dasarnya bekerja sama dengan program router yang memeriksa setiap paket jaringan supaya dapat menentukan apakah akan maju ke arah tujuannya. Firewall juga bekerja dengan proxy server yang membuat permintaan jaringan atas nama pengguna workstation. Komputer yang dirancang khusus terpisah dari sisa jaringan sering diinstal Firewall, sehingga tidak ada permintaan yang masuk bisa langsung pada sumber daya jaringan pribadi.

Fungsi Firewall

  • Mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan.
  • Firewall berfungsi juga dalam mengaturm memfilter dan mengontrol lalulintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi. Beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain :
    • Alamat IP dari komputer sumber
    • Port TCP/UDP sumber dari sumber.
    • Alamat IP dari komputer tujuan.
    • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
    • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.
  • ¬†Melakukan autentifikasi terhadap akses kejaringan.
  • Applikasi firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data.

Manfaat penggunaan Firewall

  1. Menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan.
  2. Sebagai filter yang digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan.
  3. Memodifikasi paket data yang data di firewall, proses tersebut Network Address Translation (NAT).
  4. Sebagai Akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dll.

Cara Kerja Firewall

  1. Sistem firewall bekerja dengan cara menganalisis paket data yang keluar dan masuk ke dalam lingkungan aman yang dilindungi oleh sistem firewall tersebut. Paket data yang tidak lolos analisis akan ditolak untuk masuk ataupun keluar jaringan atau komputer yang dilindungi.
  2. Penyaring atau filter firewall akan bekerja melakukan pemeriksaan sumber dari paket data yang masuk dengan kebijakan yang dibuat untuk mengontrol paket dari mana saja yang boleh masuk. Sistem juga dapat melakukan pemblokiran pada jenis jaringan tertentu serta melakukan pencatatan pada lalu lintas paket data yang mencurigakan.

Demikian penjelasan yang bisa diberikan, semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares