Pemograman WEB

Fungsi Dan Kegunaan XML Pada Dunia Pemograman Berbasis Website

By

on

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Pengertian, Fungsi Dan Contoh Listing Program XML disebutkan XML didesain untuk membawa, dan mempertukarkan data dan bukan didesain untuk menampilkan data. Dengan kata lain XML dapat melakukan pemisahan antara data dan HTML. Dengan begitu maka data kita disimpan tidak dalam HTML, melainkan di luarnya.

Dengan cara ini HTML dapat kita fokuskan sepenuhnya untuk mengatur tata letak dan tampilan data. Sehingga perubahan pada data tidak mengakibatkan perubahan pada HTML yang kita buat. Meski demikian kita juga masih dapat menyimpan data dalam HTML seakan akan sebagai kumpulan khusus (‘data islands’). Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan XML pada website, antara lain.

XML Digunakan untuk Pertukaran Data

Dengan XML, data dapat dipertukarkan antara sistem yang tidak kompatibel. Dalam kenyataan yang sebenarnya sistem komputer dan basis data menyimpan data dalam format yang masing-masing berbeda. Satu hal yang sangat menyita waktu pengembang sistem adalah bagaimana mempertukarkan data antarsistem dalam dunia internet. Mengonversi data ke XML dapat mengurangi kom- pleksitas dan membuat data dapat dibaca oleh berbagai tipe aplikasi.

XML dan B2B

Dengan XML, informasi keuangan dapat dipertukarkan dalam lingkungan internet. Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi kita akan melihat bagaimana B2B (business to business) dapat menerapkan XML dan menjadi bahasa utama untuk pertukaran informasi keuangan dan bisnis.

XML untuk Pemakaian Data Bersama

Dengan XML, file teks dapat digunakan secara bersama. Pada dasarnya XML menyimpan data dalam format file teks (plain text), karena itu XML memungkinkan suatu cara umtuk pemakaian bersama tanpa tergantung dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan. Hal ini memudahkan pembuatan data yang sama bagi aplikasi yang berbeda. Hal ini juga memudahkan mengembangkan sistem walaupun misalnya, kita harus meng’upgrade’ sistem operasi yang digunakan, server, aplikasi ataupun browser.

XML untuk Menyimpan Data

Dengan XML, file teks dapat digunakan untuk menyimpan data. XML juga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam format lain ataupun format basis data. Aplikasi lain dapat digunakan untuk menulis atau mengambil dari format XML. Dan kita dapat mendesain aplikasi yang sifatnya umum (dengan HTML) yang berfungsi untuk menampilkan data saja.

XML Meningkatkan Penggunaan Data

Dengan XML, data kita dapat diakses oleh banyak pemakai. Karena XML didesain secara mandiri terhadap perangkat lunak, perangkat keras dan aplikasi. Kita dapat membuat data tertentu dapat diakses berbagai macam standar browser HTML. Client dan aplikasi lain dapat mengakses file XML sebagai sumber data, sebagaimana akses dilakukan terhadap basis data.

XML untuk Membuat Bahasa Lain

XML adalah ‘ibu’ WAP (Wireless Application Protocol) dan juga WML (Wireless Markup Language). WAP dan WML digunakan sebagai aplikasi internet untuk peralatan genggam bergerak seperti mobile phones yang ditulis dalam XML.

Proyeksi Masa Depan XML

Jika segala sesuatunya berjalan dengan normal, semua aplikasi masa depan akan mengganti data mereka dengan XML. Pada masa itu hasil word processors, spreadsheet dan basisdata akan dapat saling membaca dengan format teks murni. Dan ini dapat dilakukan tanpa utilitas konversi di antaranya. Namun demikian, kita hanya dapat berharap kiranya produsen perangkat lunak besar seperti Microsoft menyetujui hal semacam ini.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia pemograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya..see you ^-^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares