Hardware

Cara Upgrade VGA (Graphics Card) Beserta Tips Penting Lainnya

on

Pro.co.id – Peningkatan perangkat keras atau umumnya orang mengatakan Upgrade haedware, baik RAM, Hardisk, PSU, Processor atau lainya hal ini tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk meningkatkan performa perangkat komputer anda. Seperti halnya dengan VGA atau Kartu grafis yang mungkin merupakan suatu hal wajib bagi para gamers beresolusi tinggi sehingga akan menambah kinerja Komputer anda dalam bermain game.

Berbicara soal VGA, di dalam artikel ini akan di ulas mngenai beberapa Tips yang sangat penting bagi anda yang ingin melakukan Upgrade VGA. Mau tahu seperti apa cara meningkatkan Performa VGA di Komputer anda? baik mengani Tips untuk membeli sampai anda memasng pada Motherboard anda.

Tips Memilih dan Membeli Graphics Card

Dalam hal ini anda tidak perlu bingung dalam membeli VGA Card yang akan anda beli. Jadi, untuk lebih mudahnya anda sesuaikan dengan kebutuhan ada. ADa beberapa Vendor yang menyediakan berbagai spesifikasi VGA yang anda butuhkan seperti AMD dan NVIDIA, sehingga anda bisa memilih baik dari segi harga atau sesuai dengan kebutuhan, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal.

Biasanya para pengguna Komputer akan lebih memilih dari segi harga yang mana di sesuaikan dengan Budget yang dimilikinya,tapi tentu saja hal ini sesuai juga dengan spesifikasinya. Namun, yang harus anda ketahui bahwa kualitas barang tentunya menyerupai harga.

Nah, untuk anda yang hanya memiliki dana Pas-Pasan di sarankan pilih VGA Card dengan Arsitektur 128-bit. Jadi dengan ukuran yang hanya 1GB saja, sudah cukup bagus anda gunakan pada PC anda. namun, jika anda sudah memilih dana menemukan VGA yang cocok dan pas sesuai dengan kebutuhan, berikut ini adalh tips bagaimana agar anda tidak salah membelinya.

Pastikan perangkat lain mendukung terhadap VGA Card Tersebut

Sebab bukan tidak mungkin, jika VGA Card yang akan anda beli memerlukan dukungan dari beberapa perangkat keras lainnya, di antaranya seperti PSU (Power Suply). Bisa di katakan ini merupakan masalah yang paling umum di temukan, baik tegangan atau Daya yang di keluarkan tidak sesuai dan ada tidak tersedianya Konektor power untuk PCI-E.

Cara Upgrade VGA (Graphics Card) Beserta Tips Penting Lainnya

Agar kedepannya anda tidak merepotkan dan tidak menimbulkan terjadi masalah yang serius, Pastikan terlebih dahulu PSU yang di guakan dalam menyuplai daya dua kali lipat dari daya yang di perlukan untuk VGA Card. Jadi, misalkan VGA yang akan anda beli memiliki ukuran tegangan daya sekitar 300 watt, maka sebaiknya Power Suplay yang terpasang memiliki ukuran daya sekitar 600 watt atau lebih. Tak hanya itu, seperti yang telah di uangkapkan di atas beberapa hal lainnya yang perlu di perhatikan adalah tersedianya Konektor untuk PCI-E, Baik jumlah PIN 8 atau 6.

Cara Memasang Graphics Card Yang Benar pada motherboard

Yang harus anda lebih perhatikan adalah Dimensi dari VGA Card yang akan anda beli tidak melebihi ruang kosong pada Slot yang tersedia. sebab ada beberapa VGA Card yang memiliki ukuran panjang sehingga bisa melebihi ruang slot pada Motherboard. Untuk lebih mudahnya anda bisa mengetahui dimensi VGA Card tersebut dari Website resminya.

Cara Upgrade VGA (Graphics Card) Beserta Tips Penting Lainnya

Jika menurut anda tidak ada masalah dari ruang dimensi, maka sekarang anda bisa memasang VGA card baru tersebut ke Komputer. Sebenarnya untuk memasang VGA Card di Motherboard komputer merupakan hal yang mudah, karena disini alat yang anda butuhkan adalah hanya Obeng saja untuk melepaskan dan memasang mur yang tersedia.

Cara Upgrade VGA (Graphics Card) Beserta Tips Penting Lainnya 3

Sebelum anda memasang atau mengganti VGA yang baru ke Motherboard, maka anda pastikan terlebih dahulu komputer yang anda miliki dalam keadaan mati. baru kemudian anda buka penutup casing komputer, rapihkan kabel yang menutupi Slot VGA card di komputer anda tersebut, sehingga lebih mudah anda memasangnya. jika sudah silahkan anda cabut VGA lama anda (Jika Ada) karena memang biasanya VGA yang tertanam di komputer merupakan On Board. Jika terdapat lebih dari 1 Slot VGA maka lebih baik pilih yang lebih dekat dengan Processor.

Cara Upgrade VGA (Graphics Card) Beserta Tips Penting Lainnya 4

Jika semua kondisi susah siap untuk memasangkan VGA Card ke Motherboard, maka lakukan pemasangan. namun, dalam hal ini pastikan bahwa anda memasang dengan sempurna pastikan juga konektor Power Suply terpasang di VGA Card, Karena ada beberapa VGA Card yang mmerlukan daya yang lebih untuk bisa beroperasi.

Terakhir Bagian Software

Jika masih terpasang Driver VGA lama anda, mak di sarankan untuk menghapusnya terlebih dahulu. karena hal ini bisa menjadikan Konflik antar Driver dan tentu saja bisa memenuhi kapasitas hardisk anda. Jika sudah menghapus Driver lakukan Reboot atau Restart komputer anda tersebut, baru kemudian install Driver VGA yang baru sehingga performanya bisa lebih maksimal.

You must be logged in to post a comment Login

Shares