Android

3 Cara Terbaik Menghemat dan Mempercepat RAM Smartphone Android

By

on

Smartphone Android hadir dengan berbagai macam fitur dan juga fasilitas yang dimiliki daripada perangkat ponsel yang lain. Selain memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan perangkat ponsel smartphone  yang memiliki kualitas serta spesifikasi hampir sama, smartphone Android ini juga bisa digunakan untuk menginstal banyak aplikasi sekaligus di dalamnya, yang mana aplikasi tersebut bisa digunakan sebagai alat bantu untuk pekerjaan pemilik smartphone sehari-hari maupun juga untuk menyalurkan kesenangan seperti halnya aplikasi edit foto, aplikasi olahraga dan aplikasi-aplikasi berguna lainnya.

Dengan adanya keunggulan dari perangkat smartphone Android ini, tentunya banyak orang yang memilih smartphone Android sebagai alat yang berguna untuk menampung aplikasi kesukaan mereka. Tapi tentunya, hal ini akan berpengaruh juga terhadap RAM yang terpasang pada sebuah sistem Android, yang mana jika terlalu banyak aplikasi dengan ukuran yang besar maka bisa membuat memori RAM akan penuh. Oleh karenanya, Anda harus bijak di dalam menginstal aplikasi kesukaan Anda pada perangkat smartphone Android supaya RAM tidak kehabisan memori yang akan mengakibatkan kinerja yang lemot pada perangkat Anda nantinya.

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk lebih menghemat RAM pada Smartphone Android Anda :

1.Periksa Aplikasi yang Berjalan di Background

Yang pertama adalah periksalah aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang dengan cara, (a) masuklah ke menu setting atau pada gambar seperti icon roda gigi (b) kemudian pilih battery and storage dan pilihlah pada memori.  (c)Di sana akan muncul berbagai macam aplikasi yang telah anda instal pada perangkat smartphone Android Anda yang masih berjalan pada latar belakang.  Matikanlah beberapa aplikasi yang sedang tidak anda gunakan supaya bisa lebih menghemat RAM dan bisa membuat kinerja smartphone Android Anda berjalan lebih maksimal. (d) Tekan opsi stop untuk mematikannya.

2. Matikan Animasi dan Transisi yang Aktif

Cara kedua untuk menghemat RAM yaitu dengan mematikan animasi dan transisi yang masih aktif pada perangkat smartphone Android Anda. Biasanya masing-masing perangkat smartphone memiliki fitur animasi dan juga transisi menarik secara bawaan dan memiliki fungsi agar lebih memperindah tampilan smartphone Android. Untuk mematikan animasi dan transisi ini, masuklah ke menu setting atau roda gigi, kemudian pilihlah developer, di sana Akan terdapat tiga pilihan yang mana pilihan tersebut berisi Windows animation scale, Transition animation scale, dan juga animator duration scale. Dari ketiga pilihan ini, matikanlah semuanya supaya bisa lebih menghemat penggunaan ram.

3. Jangan Pernah Gunakan Live Wallpapers atau Widgets yang Berlebihan

Cara terakhir untuk lebih menghemat RAM pada perangkat smartphone Android yaitu dengan tidak menggunakan live wallpaper atau Widget secara berlebihan. Memiliki tampilan yang menarik dan juga indah dipandang pastinya menjadi salah satu keinginan bagi para pemilik smartphone Android terutama para wanita. Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan menggunakan live wallpaper dan menggunakan widgets secara berlebihan ini dapat “memboroskan”  kapasitas RAM, oleh karena itu lebih baik gunakan saja wallpaper yang sederhana dan juga Widget yang tidak berlebihan  supaya smartphone Android Anda memiliki kinerja yang baik.

Itulah 3 Cara Terbaik Menghemat RAM Smartphone Android, jika anda ingin menghemat kapasitas RAM pada perangkat smartphone Android pastikan untuk mengikuti 3 cara diatas. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

You must be logged in to post a comment Login

Shares