Informasi

Begini!!Cara Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator, Mudah!

By

on

Begini!!Cara Daftar dan Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator, Mudah! – Kini ada peraturan baru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai 31 Oktober 2017 mendatang diberlakukan aturan baru dalam registrasi kartu prabayar. Memang telah diharuskan jika memiliki nomor prabayar baru perlu di regristrasi terlebih dahulu.

Peraturan baru regristrasi kartu prabayar membutuhkan validasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebenarnya tidak terlalu repot untuk melakukan proses ini. Berikut cara registrasi kartu prabayar semua operator.

Cara Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator

Peraturan baru regristrasi dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Hal ini dilakukan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan kartu prabayar.

Dalam pelaksaan registrasi, kalian membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Proses ini wajib bagi pelanggan baru atau pelanggan lama. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara registrasi kartu prabayar dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format NIK#NomorKK. Bagi pelanggan lama, ketik dengan format ULANG#NIK#NomorKK. Pastikan nomor identitas yang tertera sudah sesuai.

Proses registrasi dinyatakan berhasil jika data yang dikirimkan sudah tervalidasi. Jika itu gagal, kalian harus membuat surat pernyataan yang menyatakan seluruh data yang disampaikan adalah benar. Selanjutnya, setelah proses validasi, operator baru bisa mengaktifkan nomor prabayar paling lambat 1×24 jam.

Catatan Selengkapnya:
Jika kalian pelanggan baru Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444. Tapi ada sedikit perbedaan format SMS.

Bagi pengguna baru Tri, Smartfren, dan Indosat, regristrasi bisa dilakukan dengan mengirim SMS dengan format: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK). Bagi pelanggan baru XL dapat mengirim SMS dengan format: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK). Sedangkan pelanggan baru Telkomsel mengirim SMS dengan format: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Khusus pengguna lama, baik Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren dapat mendaftar ulang melalui SMS ke 4444 dengan format: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Proses registrasi kartu prabayar ini akan dimulai 31 Oktober 2017. Semua pelanggan diharapkan menyelesaikan proses registrasi sebelum 28 Februari 2018. Apabila melewati batas, nomor pelanggan beresiko diblokir dan dinonaktifkan secara bertahap.

Itulah”Begini!!Cara Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares