Tutorial

Cara Pengoperasian Komputer Dengan Baik, Cepat dan Benar

on

Pro.co.id – Sekarang adalah zaman teknologi yang semua pekerjaan menggunakan sistem komputerisasi sehingga memaksakan untuk seseorang bisa mengoperasikan komputer. Namun masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan komputer baik mulai dari menghidupkan sampai mematikan komputer.

Sebenarnya yang menghambat seseorang untuk bisa mengoperasikan komputer adalah berifikiran takut rusak. Sedikit penjelasan untuk anda yang ingin belajar komputer,hal yang paling utama adalah jangan pernah takut salah, Malu bertanya dan sering melakukan eksperimen. Namun hal tersebut perlu pendamping khusus yang mengerti atau ahli komputer sehingga langsung bisa memberikan pelajaran bagaimana jika mengalami kerusakan dan tahu cara memperbaikinya.

Sebenarnya untuk bisa mengoperasikan komputer sangat mudah yakni sering melakukan aktivitas apa saja di depan Laptop atau PC, maka dengan sendirinya akan terbiasa dalam menggunakan komputer. ada tiga tahap untuk bisa mengoperasikan komputer dengan baik yakni menyalakan komputer, mengoperasikan komputer dan yang terakhir adalah mematikan komputer.

1. Menyalakan Komputer

Sebelum menghidupkan komputer di sarankan lebih baik untuk memastikan beberapa perangkat lainnya seperti Keyboard, Mouse dan lainnya telah terpasang atau terhubung dengan baik. Untuk menyalakan komputer caranya sengat mudah yakni :

  • Tekan Tombol di CPU Komputer lalu tekan juga tombol power di monitor
  • Tunggu sebentar sampai proses booting selesai dan menampilkan jendela Windows di Komputer anda dan sudah siap anda gunakan.

2. Mengoperasikan Komputer

Setelah komputer anda hidup dan siap digunakan, maka tahap selanjutnya adalah mengoperasikan komputer. disarankan untuk hal ini gunakan komputer sesuai dengan kebutuhan anda agar anda bisa cepat menguasainya Misalnya saja jika anda ingin menggunakan komputer untuk keperluan pembuatan skripsi atau dokumen atau lainnya maka anda bisa menggunakan Software Microsoft Office yang di dalamnya terdapat Aplikasi Word, Excel dan Power Point. Dan jika di gunakan untuk kebutuhan internet anda harus memasang Software Browser seperti Internet Explorer, Chrome atau Firefox sehingga anda bisa melakukan pengiriman E-Mail dan bisa melakukan Googling dan pastikan bahwa anda telah menginstal dukungan Modem dengan baik. Namun jika anda berutujuan untuk belajar Desain Grafis maka bisa menggunakan Aplikasi Corel Draw, 3D, Adobe Photoshop dan lainnya. Semakin sering melakukan eksperimen atau coba-coba dengan sendiri anda akan terbiasa menggunakan komputer

3. Mematikan Komputer

Berbeda caranya dengan menghidupkan komputer, karena untuk mematikan komputer tidak bisa langsung mematikan dengan cara menekan tombol fisik yang ada pada CPU, ada beberapa tahapan yang harus anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan bahwa anda tidak lagi menggunakan Aplikasi dan semua pekerjaan di Save dengan baik, Jika sudah Tutup semua Aplikasi yang anda gunakan.
  2. Kemudian Klik menu Start (atau logo windows yang letaknya di sebalah kiri pojok paling bawah)
  3. Lanjutkan dengan memilih Shutdown, silahkan anda tunggu hinga Komputer benar-benar mati
  4. Jika komputer benar-benar sudah dalam keadaan mati, lakukan dengan mematikan perangkat lainnya seperti Monitor dan speaker
  5. Cabut kabel yang terpasang di Stop Kontak. Hal ini untuk menghindari yang namanya korsleting listrik dan dapat menghemat daya.

Langkah di atas bisa anda lakukan dengan bertahap yakni menghidupkan,Mengoperasikan dan yang terakhir mematikan. sehingga dengan melakukan cara tersebut secara berurutan dapat membuat komputer menjadi awet tanpa ada masalah. Semoga membantu.

You must be logged in to post a comment Login

Shares