Tutorial

Cara Paling Simple Menginstall Windows 7 Dengan Menggunakan USB Flashdisk

on

Cara Paling Simple Menginstall Windows 7 Dengan Menggunakan USB Flashdisk

Pro.co.id – Umumnya untuk melakukan Instalasi OS lebih familiar dan kebanyakan menggunakan DVD, tapi ada beberapa cara lainnya yang bisa di bilang sangat mudah dan lebih baik ketimbang menggunakan DVD yakni menggunakan Flashdisk, kelebihannya tidak perlu takut tidak akan terbaca sepertiyang di alami oleh DVD yang tidak akan terbaca jika terjadi goresan di bagian piringannya.

Umumnya menggunakan Flasdisk sebagai media Instalasi adalah karena perangkat yang akan di instal tidak menyediakan DVD ROM seperti halnya pada Notebook, walaupun bisa menggunakan DVD Ekternal tapi kurang efesein karena harganya cukup mahal dan harus membelinya lagi. Jadi dengan menggunakan Flashdisk akan lebih ekonomis dan juga lebih cepat pembacaannya di bandingkan dengan DVD.

Seperti pada judul di atas yang mana untuk kali ini kita akan mengulas dan memberikan tutoral lengkap mengenai cara Instal Windows 7 dengan menggunakan Flashdisk, langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan membuat Flasdisk sebagai Bootable windows 7 untuk kemudian menginstalnya pada perangkat Laptop/komputer. Tutorial yang akan kita bahas kali ini bisa di gunakan unruk Windows 7 32 bit dan 64 bit saja. sebenarnya bisa saja digunakan untuk Versi OS lainnya seperti Win XP,8 dan 8.1. admin telah mempraktekannya dan 100% berhasil.

Alat dan Bahan

Sebelum kita menuju tutorial cara Instalasi, ada beberapa persiapan yang wajib di lakukan. misalnya bahan dan alat seperti flashdisk. serta beberapa bahan lainnya sebagai berikut:

  1. USB Flashdisk Min 4 GB lebih bagus di atasnya
  2. File OS Windows 7 Bisa menggunakan ISO atau DVD instaler
  3. Aplikasi WinToFlash Pendukung pembuat Bootable Windows 7 di Flashdisk

Perlu anda ketahui bahwa bukan hanya Aplikasi WinToFlash saja yang bisa digunakan untuk membuat Bootable seperti EasyBCD, UltraISO dan Yummi Pen Drive. Namun kebanyakan orang – orang lebih mudah menggunakan WinToFlash. Namun jika tidak berhasil di sarankan menggunakan Yummi Pen Drive yang lebih lengkap dan mudah.

Cara Membuat Bootable Windows 7 di Flashdisk

  1. Download Software pendukungnya terlebih dahulu pada link berikut : http://wintoflash.com/download/en/.
  2. Jika sudah selesai Download, Buka WintoFlash
    Wajib : Flashdisk sudah terformat
  3. Jika tampil konfirmasi persetujuan, pilih saja I Accept. lanjutkan dengan klik Next.
  4. Di laman awal Wintoflash silahkan anda klik Windows Setup Transfer Wizard.
    Instal Win7 menggunakan Flashdisk
  5. Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan
  6. Di laman ini, pilih lokasi file ISO windows 7 tempat anda menyimpan, beri Checlist di “Use my ISO…“. lalu silahkan anda pilih Lokasi drive dimana flashdisk anda terpasang jika belum terdeteksi silahkan anda refresh. Klik Next untuk melanjutkan
    Instal Win7 menggunakan Flashdisk 2
  7. Jika tampil perizinan pilih saja “I do Accept…“, lalu klik Continue kemudian tunggu proses persiapannya sampai selesai. jika sudah Klik Next dan keluar.
    Instal Win7 menggunakan Flashdisk 3

Persiapan membuat bootable windows 7 pada flashdisk sudah selesai. maka selanjutnya adalah mulai melakukan pemasangan windows. Selengkapnya silahkan anda lihat tutorial di bawah ini :

Cara Instal Windows 7 Via Flashdisk

  1. Pertama silahkan masukan Flashdisk anda yang sudah menjadi Bootable windows 7 ke komputer atau Laptop “Komputer masih dalam keadaan mati”
  2. Kemudian anda nyalakann laptop atau komputer anda tersebut, jangan lupa untuk mengatur BIOS terlebih dahulu agar bisa booting pertama lewat caranya masuk ke BIOS, pada saat pertama kali komputer di hidupkan tekan DEL atau F2, F1, Esc, atau F10 tergatung merk komputer, jika sudah di Atur Frist Boot nya menggunakan Flashdisk silahkan tekan F10 kemudian pilih exit & save, nanti komputer akan restart secara otomatis.
    Instal Win7 menggunakan Flashdisk 4
  3. Maka nanti Instalasi Windows 7 akan berjalan otomatis seperti biasanya sama dengan menginstal menggunakan DVD installer.
  4. perlu anda ketahui bahwa pada bagian proses Expanding Windows Files telah selesai dan komputer akan restart, maka anda cabut flashdisk tersebut karena jika tidak pada komputer akan hidup kembali akan mengulangi proses instalasi.
    Instal Win7 menggunakan Flashdisk 5
  5. Jika proses telah selesai, maka komputer atau laptop anda akan melakukan Restart kembali. dan anda akan di minta memasukan nama pengguna, password, serial number, tanggal dan lain-lain. pada tahap ini Instalasi windows 7 telah berhasil anda selesai yang di tandai sudah munculnya tampilan Desktop.
    Instal Win7 menggunakan Flashdisk 6

Bagaimana, sangat mudah di pahami kan? jadi intinya dengan menggunakan Flashdisk dalam instalasi lebih efesien dan cepat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares