Uncategorized

Cara Paling Mudah Mengambil Gambar Screenshot Melalui Perangkat Komputer

By

on

Pro.Co.Id – Screenshot merupakan kegiatan mengambil gambar melalui perangkat atau disebut juga dengan screen capture. Kita dapat mengambil screen capture melalui beberapa perangkat seperti komputer, smartphone, tablet dan media elektronik lainnya. Tujuan dari screen capture yaitu mengambil gambar untuk memperlihatkan informasi yang ada pada layar media yang sedang kita gunakan.

Pada intinya kita memotret layar lalu menyimpannya ke dalam berkas yang ada pada perangkat yang kita gunakan atau sekedar meng-copy dan meletakkan hasil capture pada lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Mungkin untuk kalian yang menggunakan ponsel pintar sudah biasa melakukan hal ini, namun sudah tahukah anda bagaimana cara screeshot melalui perangkat komputer? Apakah sama dengan cara yang dilakukan melalui ponsel anda? Untuk memotret atau melakukan screen capture pada perangkat komputer kemudian menyimpannya menjadi file berbentuk foto, mudahnya kita tinggal capture layar monitor lalu mengambil fotonya melewati aplikasi grafis semacam Photoshop atau MSPaint.

Screenshot di komputer sedikit berbeda dengan yang dilakukan pada ponsel. Jika pada ponsel kita hanya bisa mengambil caputer satu layar penuh, di Windows kita dapat mengambil jepretan langsung satu layar penuh ataupun bagian yang di inginkan saja. Simak penjelasan dibawah untuk mengetahui cara dan penjelasannya.

1. Menggunakan tombol Prt Sc (print screen)

Cara paling umum yang digunakan yaitu dengan menggunakan tombol ‘prt sc’. Tombol prt sc biasanya terletak di barisan paling atas pada keyboard der dampingan dengan tombol insert dan delete. Cara ini sangat mudah, kita hanya perlu menekan rombol ‘Prt Sc’. Setelah kita menekan tombol tersebut, secara otomatis gambar sudah tersimpan dan langkah selanjytnya yang perlu dilakukan hanya melakukan paste pada program Paint.

prt sc

Selanjutnya kita buka program Paint, laluk tekan tombol CTRL + V , fungsi tersebut untuk meng-paste kan gambar yang sudah kita Screen. Langkah akhir yang dilakukan yaitu menyimpan gambar pada perangkat komputer anda. Namun sebelum menyimpan gambar yang di inginkan kita akan sedikit meng-edit nya, karena dengan menggunakan cara ini kita hanya bisa memotret layar penuh, tidak dapat memotret hanya bagian tertentu.

2. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool merupakan perangkat lunak bawaan windows yang digunakan untuk memotret bagian gambar pada layar komputer. Snipping tool dapat kita cari menggunakan tombol pencarian pada layar monitor. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan .

sniping tool

Buka aplikasi snipping tool pada windows pencarian. Namun sebelum anda membuka aplikasi tersebut, baiknya anda sudah menentukan terlebih dahulu bagian manakah yang akan kita ambil screen shot nya.

snipping tool 2

Setelah aplikasi muncul, klik menu New, lalu pilih drag bagian yang akan di ambil gambarnya.

Setelah selesai, maka secara otomatis aplikasi snipping tool akan muncul dan tekan tombol CTRL + S untuk menyimpan.

3. Menggunakan Lightshot

Lightshot adalah perangkat lunak freeware alias gratisan untuk melakukan screenshot yang nantinya gambar tersebut dapat Anda edit seperti menambahkan tulisan, coretan, dan lain-lain. Untuk menggunakan Lightshot, terlebih dahulu Anda harus mengunduhnya.

lighshot

Cara menggunakan lighshot

  • Tekan Prnt Scrn pada keyboard di komputer Anda.
  • Tentukan area yang ingin di simpan gambarnya.¬†Anda bisa melakukan editing pada saat pengambilan gambar tersebut, seperti menambahkan garis petunjuk, menambahkan tulisan, menambah warna, dan lain-lain.
  • Lalu pilih tombol simpan

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan screenshot pada perangkat komputer. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares