Informasi

Cara Mudah Mengubah Fungsi Smartphone Android Menjadi Komputer

By

on

Cara Mudah Mengubah Fungsi Smartphone Android Menjadi Komputer – Smartphone Android kini telah menjadi teman setia dimanapun dan kapanpun kita berada. Tapi, kadang saat kita memnggunakan beberapa aplikasi android, kita harus menekan tombol minimize saat akan berpindah aplikasi.

Mungkin diantara kalian ada yang berharap smartphone android kalian dapat memiliki Start Menu dan Taksbar seperti sistem operasi komputer dekstop. Untuk menjawab keluhan dan pertanyaan kalian, kali ini kita akan membahas tentang komninasi dari dua aplikasi yang dapat mengubah perangkat smartphone android anda menjadi komputer dekstop.

Cara Mengubah Fungsi Smartphone Android Menjadi Komputer

1. Untuk mengubah fungsi smartphone android kalian seperti komputer dekstop, hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu men-download aplikasi Leena Desktop UI di Google Play Store.

2. Jika sudah selesai, selanjutnya lakukan instalasi aplikasi dan langsung jalankan aplikasi tersebut di perangkat smartphone Android kalian.

3. Saat menjalankan aplikasi Leena Desktop UI ini, kalian akan melihat tampilan smartphone Android kalian akan otomatis berubah ke mode landscape sepenuhnya.


4. Berikutnya, pada sudut kanan atas layar, terdapat ikon Settings di samping ikon baterai. Akses ikon tersebut dan silakan aktifkan fitur yang kalian butuhkan mulai dari penyesuaian ukuran teks, status bar, launcher bar, animasi, dan lain sebagainya.

5. Jika sudah, kalian dapat mencoba mengakses salah satu aplikasi yang ada di smartphone Android kalian. Nantinya saat mengakses aplikasi tersebut, kalian akan melihat sebuah window yang terbuka untuk aplikasi yang kalian jalankan tersebut. Sebagai contoh saya membuka File Manager sebagai aplikasi pertama.

6. Setelah itu, silakan buka aplikasi lain yang ingin kalian jalankan, misalnya YouTube. Nah di sini, kalian akan melihat jika aplikasi pertama yang dibuka tadi tidak akan ter-minimize. Sebaliknya, window aplikasi pertama (File Manager) tadi akan tetap terbuka dan sistem akan membuat window baru untuk aplikasi kedua (YouTube) seperti layaknya fitur multi window pada perangkat komputer desktop.


7. Apabila kalian ingin membuat tampilan dari window aplikasi yang kalian jalankan memenuhi layar, kalian cukup melakukan tap pada ikon Expand pada bagian sudut kiri atas setiap window.

8. Jika sudah sampai disini, masih ada hal yang kurang yaitu Start Menu dan Taskbar. Untuk hal tersebut, kalian perlu menginstall aplikasi Taksbar.

9. Jika sudah di Install, fitur Start Menu dan Task Bar aplikasi tersebut akan secara otomatis aktif.

10. Kalian dapat mengubah aplikasi yang akan di masukkan dalam daftar aplikasi di start menu dengan mengubahnya di bagian Edit Start Menu lalu Edit Start Menu Items.


11. Apabila semuanya sudah selesai, maka tampilan di layar smartphone kalian akan menjadi seperti ini.

Itulah informasi dan tutorial”Cara Mudah Mengubah Fungsi Smartphone Android Menjadi Komputer“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares