Informasi

Cara Mudah Mengatasi Waktu Yang Tidak Sinkron Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu

By

on

Cara Mudah Mengatasi Waktu Yang Tidak Sinkron Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu – Sepertinya, dual boot merupakan salah satu pilihan yang banyak disukai oleh orang yang ingin pindah dari Windows ke Linux. Salah satu alasan dual boot yaitu karena masih bisa menggunakan windows saat ingin pindah ke linux. Tapi, masih banyak kendala lain yang mungkin ditemukan, salah satunya yaitu waktu yang ada pada Linux dan Windows tidak sinkron atau berbeda . Misal di Windows “15.00” di Linux bisa jadi masih jam “07.00”. Untuk mengatasi masalah sinkronisasi waktu tersebut dapat dilakukan saat sedang online, tapi tidak saat komputer sedang offline.

Masalah tersebut terjadi karena sistem waktu yang digunakan masing-masing sistem operasi. Pada Windows menyesuaikan waktu dengan waktu yang ada pada BIOS, sedangkan Linux menggunakan sistem area waktu UTC/GMC.

Untuk mengatasi waktu yang tidak sinkron atau tidak sama tersebut dapat dilakukan sedikit pengaturan registry pada Windows. Berikut cara selengkapnya:

Cara Mengatasi Waktu Yang Tidak Sinkron Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu

1. Pertama, buka Run Command dengan cara tekan tombol Windows + R lalu ketik regedit kemudian klik OK.

2.Selanjutnya, silahkan masuk ke directory HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation.

3. Di bagian kanan, klik kanan di sembarang tempat lalu klik New dan pilih DWORD (32-bit).

4. Lalu beri nama “RealTimeIsUniversal”.

5. Setelah itu, klik dua kali pada parameter tadi lalu beri value dengan nilai 1.

Dengan cara ini, waktu pada Windows otomatis akan menggunakan sistem pada BIOS + UTC. Itulah informsi dan tutorial”Cara Mudah Mengatasi Waktu Yang Tidak Sinkron Pada Dual Boot Windows dan Ubuntu“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

You must be logged in to post a comment Login

Shares