Informasi

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Laptop Atau Komputer Menjadi Lebih Cepat

By

on

Pro.Co.Id –  Kinerja laptop atau komputer anda lambat? Pasti anda akan merasa kesal, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut . Terdapat banyak sekali penyebab yang mengakibatkan kinerja laptop atau komputer menjadi lambat, mulai dari software hingga masalah hardware-nya.  Ikuti beberapa tips berikut ini untuk mengatasi laptop atau komputer anda lemot.

  • Uninstall program yang tidak penting
    Uninstall program-program yang tidak penting atau tidak digunakan karena jika tidak akan membuang percuma ruang hard disk kamu. Cara meng-install program tersebut kamu bisa lakukan dengan melalui Start>>Control Panel>>Uninstall a program, kemudian pilih dan uninstall program yang tidak penting atau tidak digunakan.
  • Custom Virtual Memory
    Walau memiliki peran yang tidak sebesar RAM, virtual memory dapat meningkatkan kinerja laptop atau komputer anda, dan untuk mengatur besar virtual memory yang kamu gunakan, kamu harus masuk ke Control Panel >> System and Security >> System atau bisa dengan cara menekan tombol Windows+Pause/Break. Lalu pilih Advanced system settings. Pindah ke tab Advance lalu pilih Setting pada menu Performance, pindah ke tab Advanced lagi kemudian pilih Change pada menu Virtual memory.
  • Uncheck Automatically manage paging file size for all drives.
    Kemudian pilihlah Custom size dan tentukan seberapa besar jumlah memory virtual yang kamu inginkan. Untuk maximum size bisa kamu isi 2x Initial size. Setelah itu pilih Set dan pilih OK.
  • Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin
    File sampah hanya akan memperlambat kinerja laptop atau komputer, jadi sebaiknya kamu menghapusnya. Tapi periksa dahulu file sampah tersebut, jika sudah benar-benar tidak penting, kamu bisa menghapusnya dengan cara klik kanan ikon Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin.
  • Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk
    Proses multitasking yang terlalu berat mengakibatkan komputer atau laptop menjadi lambat. Selain itu, kapasitas hardisk yang sudah hampir penuh juga dapat menyebabkan kinerja laptop atau komputer menjadi semakin lambat. Untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop kamu dapat melakukan penambahan kapasitas RAM dan juga Harddisk atau untuk meningkatkan peforma laptop atau komputer kamu bisa membeli SSD bila memiliki dana lebih.
  • Install Antivirus
    Rata-rata penyebab kinerja laptop atau komputer menjadi lambat dan menyebabkan file data kita rusak adalah virus (malware dan spyware), untuk itu kamu harus meng-install antivirus, tapi harus pilih antivirus yang tepat bukan malah antivirus yang sudah kamu install yang akan memperlambat kinerja komputer atau laptop kamu.
  • Minimalkan program yang berjalan pada Startup
    Banyak program yang berjalan di Startup merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kinerja laptop atau komputer menurun, disarankan menonaktifkan program-program yang tidak perlu atau tidak penting berjalan di startup tersebut. Caranya tekan tombol Win+R >> ketik msconfig >> pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin kamu nonaktifkan.
  • Meminimalisir penggunaan efek visual
    Semakin banyak efek visual memang membuat tampilan desktop kamu semakin bagus namun kinerja laptop atau koompter kamu menjadi semakin lambat pula, untuk itu kamu harus meminimalisir penggunaan efek visual pada tampilan dekstop kamu dengan cara masuk pada Control Panel>>System an Security>>System, Lalu pilih Advance system settings pada bagian pojok kiri atas jendela System. Kemudian pindah ke tab Advance dan pilih Settings pada menu Performance. Pada tab Visual Effect, pilih custom dan uncheck efek visual, jika efek yang biasa digunakan tidak muncul silahkan kembalikan ke default.
  • Gunakan Disk Defragmenter
    Fragmantasi pada data atau file membuat drive kamu bekerja lebih keras dan pastinya akan menyebabkan performa laptop atau komputer kamu menjadi turun. Untuk itu disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun kembali data yang terfragmantasi tersebut. Gunakan tool ini dengan cara lakukak klik kanan drive yang akan didefrag>>Properties>>Defragment now pada tab Tools.
  • Gunakan Disk Cleanup
    Kamu bisa menghapus file sementara atau file sampah yang ada pada setiap drive kamu dengan menggunakan Disk Cleanup. Cara menggunakan tool ini kamu tinggal klik kanan drive yang akan dibersihkan>>Properties>>Disk Cleanup.
  • Hapus gadget yang tidak penting pada dekstop
    Gedget yang terpasang pada desktop juga mempengaruhi kinerja komputer atau laptop kamu jadi sebaiknya hapus gedget yang tidak perlu atau tidak penting. Tetapi jiika laptop atau komputer kamu memiliki spesifikasi tinggi hal ini tidak terasa efeknya bagi kinerja laptop atau komputer.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi komputer atau laptop lemot, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares