Informasi

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Software Antivirus

By

on

Pro.Co.Id – Virus Shortcut sering muncul pada flashdisk atau media penyimpanan lainnya, shortcut ini muncul karena flashdisk anda terinfeksi virus dari perangkat lain yang bisa jadi komputer anda sendiri. Berikut adalah cara menghilangkan virus shortcut pada Flashdisk:

Cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk

  • Sambungkan flashdisk pada komputer anda lalu buka Flashdisk
  • Setelah flashdisk terpasang, kita buka windows explorer. Untuk lebih mudahnya tekan saja tombol Windows pada keyboard secara bersamaan dengan huruf E.
    Ketika sudah masuk ke jendela windows explorer, lalu atur pengaturan file folder dalam folder option dengan masuk ke menu Tools, atau bisa juga dengan menggunakan tombol “Alt + T” lalu pilih folder options.

1

  • Lalu Klik Organize dan klik Folder and search options

2

  • Aktifkan Show hidden files, folders and drives dan unceklist Hide protected operating system file (Recommended)
    Kemudian akan muncul notice seperti dibawah lalu klik Yes

3

  • Biasanya sampai dengan tahap ini folder yang disembunyikan virus sudah muncul kembali hanya saja berstatus semi hidden
  • Untuk menormalkan kembali silahkan buka CMD (Command Prompt). Setelah terbuka, ketikkan lokasi dimana Flashdisk berada misalnya Drive H maka ketik H
  • Selanjutnya ketik attrib -s -r -h/s/d di CMD, seperti gambar dibawah lalu tekan Enter

4

Cek Flashdisk anda, apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut anda aneh dan tidak jelas.

Sebenarnya, cara di atas hanya untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut hanya sementara. Jika Flashdisk kembali disambungkan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, bisa jadi hal ini akan terjadi lagi.

Itulah cara yang digunakan untuk Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Software Antivirus. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares