Virus

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk dan Komputer

on

Pro.co.id – Jika anda sehari-hari familiar dengan komputer atau seorang pelajar yang pernah meminjamkan Flashdisk ke teman pasti anda pernah mengalami Komputer yang anda miliki bertingkah aneh pada saat Flashdisk di colokan. atau anda pernah melihat sebuah Folder di dalam Flashdisk atau Komputer anda ketika anda hapus namun tetap kembali lagi muncul. pasti dengan adanya hal ini akan mengganggu aktivitas anda bukan?, Nah salah satu penyebab hal ini terjadi adalah Virus Shortcut. Virus tersebut masuk ke dalam Flashdisk adalah pada saat mencolok ke salah satu komputer yang sudah terinfeksi Virus dan otomatis akan masuk ke Flashdisk milik anda, Maka hati-hati dalam meminjamkan Flashdisk anda terlebih data yang terdapat di Flashdisk tersebut penting. banyak terjadi data hilang di akibatkan Virus. Untuk mencegah ini terjadi lakukan Backup data di Komputer atau data penting anda di kompres. karena ada beberapa Virus tidak bisa menginfeksi File yang berada di dalam ZIP.

Dan yang lebih fatalnya lagi bagi pengguna awam pemilik Flashdisk agar tidak pusing langsung melakukan Format agar Virus tersebut tidak menyebar ke seluruh data di komputer anda padahal anda harus berfikir 2x dalam melakukan Format Flashdisk tersebut, apalagi jika terdapat atau pernah menaruh file penting di dalamnya. Cara yang terbaik untuk di lakukan adalah melakukan Scaning menggunakan Anti Virus terupdate. Tapi ada juga dengan cara tersebut masih juga belum berhasil, lalu bagaimana solusinya? Pada artikel ini akan di berikan beberapa cara atau Tips dalam menghapus atau membunuh Virus Shortcut pada Komputer atau Flashdisk secara Total.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk dan Komputer

Sebenarnya ada banyak tutorial yang membahas mengenai cara mengatasi Virus Shortcut yang bisa anda temukan di Intenet baik di Forum, Grup atau di Blog. tetapi dalam artikel ini akan di bahas secara lengkap langkah demi langkahnya dan juga di berikan Tutorial dalam bentuk Video sehingga anda bisa mengetahuinya lebih jelas.

Jika anda gak mau ribet atau pusing bisa dengan cara terkahir, ingat ini Cara terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan melakukan Format Flashdisk, Namun jika Virus sudah masuk dalam komputer yang bisa anda lakukan adalah dengan Instal Ulang OS kemudian untuk pertama kali selesai Instal OS maka selanjutnya yang anda lakukan adalah Instal Anti Virus, Hal ini untuk menghalangi Jika terdapat Virus pada Drive Lain. Dengan menggunakan cara ini tentunya data akan hilang.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Dalam hal ini anda perlu sedikit mengoprek komputer anda baik menggunakan Task Manger, Explorer dan lainnya. Untuk langkah-langkahnya silahkan anda lihat di bawah ini :

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka Windows Explorer, kemudian anda lihat di Flashdisk file atau Folder mana saja yang terkena Virus.
  2. Selanjutnya anda masuk ke Menu Control Panel, kemudian pilih Folder Option –> View –>Hidden File and Folders klik Show Hidden File lalu klik OK atau Apply.
  3. Jika sudah, tahap selanjutnya adalah buka Windows Task Manager, maka anda perhatikan beberapa File yang berjalan namun mencurigakan. Untuk tahap ini di perlukan sebuah ketelitian karena nama Virus tersebut berbeda-beda
  4. Coba anda lihat jika anda melihat atau menemukan sebuah File yang di jalankan dengan nama ‘wscript.exe’ yang di jalankan oleh User bukan System.
  5. Maka selanjutnya anda bisa membuka “Run” dengan cara Win+R lalu silahkan anda ketikan pada kotak yang disediakan dengan peritah “msconfig”. Lihat pada Tab Startup, Maka anda akan menemukan sebuah nama File yang mencurigakan seperti yang di lihat pada langkah di atas dengan nama ‘wscript.exe’
  6. Sekarang anda Uncheklis semua file yang menurut anda mencurigakan atau bisa dengan melakukan Ceklist ALL.
  7. Lalu anda matikan file ‘wscript.exe’ yang di jalankan pada Windows Task Manager dengan cara klik kanan lalu pilih End Process
  8. Kemudian anda gunakan perintah di keyboard Win+F. lalu anda ketikan sesuai nama file yang di cari yakni ‘wscript.exe’ pada Flashdisk atau komputer.
  9. Jika anda sudah menemukannya maka selanjutnya anda bisa hapus.

Seperti yang telah di katakan di atas bahwa tidak semua Virus Shortcut bisa di basmi dengan cara di atas, berdasarkan pengalaman penulis yang pernah terkena Virus di Flashdisk dan Komputer bisa dengan menggunakan Anti Virus Smadav Pro Edisi terbaru 2016. Lihat di bawah ini untuk lebih jelasnya. Jika sudah menginstalnya maka anda tinggal scaning dan tungu sampai semua Virus tertangkap selanjutnya anda bisa bersihkan atau menghapusnya lewat Smadav.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk dan Komputer

Untuk lebih jelasnya, jika cara di atas masih kurang di pahami bisa menonton Tutorial Video di bawah ini :

Mungkin itu saja beberapa cara dan tips dalam menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk dan Komputer. Semoga Berhasil

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares