Android

10 Cara Menghemat Penggunaan Kuota Data Android Agar Lebih Irit

By

on

Pro.Co.Id – Bagaimanakah cara menghemat kuota internet diponsel android? Saat ini penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan tersendiri oleh para penggunanya. Namun hal tersebut ternyata tidak seimbang dengan biaya internet yang setiap tahun semakin naik dan kita perlu melakukan antisipasi untuk dapat menghemat penggunaan kuota pada ponsel kita.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut kalian bisa mengikuti cara dan tips berikut ini tentang cara menghemat penggunaan kuota di android.

1. Gunakan fitur “Data Saver” pada Chrome untuk browsing
Jika kalian adalah pengguna Chrome browser, kalian bisa mengurangi penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Caranya kunjungi menu Setting > Data Saver > On. Fitur Data Saver ini mampu mengompres kuota data kalian hingga 50% sehingga mampu mengurangi pemakaian kuota data Smartphone android kalian.

2. Lakukan Restrict Background Data atau Batasi Penggunaan Data Pada Background
Jika kalian merasa kalian boros kuota data, kalian bisa menghematnya dengan cara memberhentikan atau membatasi penggunaan data pada background Caranya : kalian masuk ke menu Setting > Data Usage > Tap 3 garis vertikal di bagian kanan atas > Restrict background data > Ok. Dengan cara ini, kalian dapat memotong penggunaan data yang berjalan pada background namun terdapat kendala jika menggunakan cara ini yaitu notifikasi kalian akan datang terlambat.

3. Indentifikasi Aplikasi Yang Memakan Banyak Kuota Data
Jika mempunyai banyak aplikasi memang semakin memudahkan kalian dalam menjelajah internet tapi juga memakan banyak kuota data kalian. Untuk tahu aplikasi apa yang banyak memakan kuota data kamu bisa membuka menu setting> data usage, dan kalian bisa men-scroll kebawah daftar aplikasi yang memakan banyak kuota data. Nah solusinya untuk mengatasi masalah ini kamu bisa uninstall aplikasi yang memakan banyak kuota tersebut dan menggantinya dengan cara mengunduh aplikasi yang lebih hemat kuota data.

4. Nonaktifkan opsi sinkronisasi yang tidak kalian diinginkan
Untuk menghemat kuota data, menonaktifkan akun kalian yang memiliki opsi sinkronisasi atau tidak secara berkala. Caranya : masuklah ke menu Settings > Accounts > Pilih akun yang tidak ingin di sinkronkan. Secara otomatis aplikasi yang terpilih tidak tersambung pada internet dan tentunya kalian dapat menghemat kuota data.

5. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya
Kalian pasti tau fitur data usage warning dan limit system yang built-in tiap smartphone android kan? kalian bisamemanfaatkan fitur tersebut untuk memberi peringatan saat penggunaan data kalian melampaui batas, caranaya kalaian dapat masuk ke menu settings > data usage > celuler data > set ceuler data limit lalu tap untuk meng-aktifkannya.

6. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi
Jika kalian menggunakan google play store pasti hp kalian akan meng-updade aplikasi yang ter-install secara otomatis, update aplikasi tersebut terkadang memakan kuota data yang cukup besar dan pastinya kalian akan boros kuota data. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat mengaktifkan opsi wifi only dimana aplikasi akan meng-update jika smartphone kalian tersambung pada wifi. Kalian bisa mengaktifkan opsi tersebut dengan masuk ke play store kemudian pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi only.

7. Batasi penggunaan data masing-masing aplikasi
Selain opsi Android data usage, untuk membatasi penggunaan data aplikasi. Kalian bisa menggunakan opsi sinkronisasi dan opsi data pada aplikasi itu sendiri karena ada beberapa aplikasi yang bisa begitu. Kalian bisa mengakses melalui menu settingpada aplikasi tersebut sebagai contoh google photos kalian bisa melihat opsi penghematan data dengan membuka menu settings > Back up & sync.

8. Gunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Keperluan Email
Salah sat aplikasi yang dapat membuat kuota data cepat habis adalah email atau surat elektronik. membuka, mengunggah dan mengunduh file attachment dari email sangatlah memakan kuota data oleh sebab itu untuk mengatasinya gunakan aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia di Android maupun iOS kalian. Dengan memanfaafkan aplikasi mailbox kalian dapat menyimpan kuota data yang tidak seharusnya termakan saat menggunaan email.

9. Matikan data seluler ponsel ketika tidak digunakan
Ternyata ketika ponsel sedang tidak digunakan dengan data seluler aktif dapat menghabiskan sekitar 10% – 20% kuota. Itu terjadi karena kita terhubung ke internet dan selalui mengunduh notifikasi dari game atau aplikasi lainnya. Jadi, ada baiknya kita matikan data seluler ponsel ketika sedang tidak digunakan.

10. Gunakan Browser Hemat Data
Jika kita termasuk pengguna android yang suka melakukan searching mencari informasi di internet, ada baiknya kita gunakna browser yang memiliki teknologi kompress data agar kuota bisa lebih hemat. Salah satu browser yang memiliki fitur terseut adalah Opera Mini.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares