Informasi

Cara Mengganti Background Merah/Biru di Pas Foto dengan Photoshop, Sangat Mudah!

By

on

Cara Mengganti Background Merah/Biru di Pas Foto dengan Photoshop, Sangat Mudah! – Pas foto biasanya sangat diperlukan untuk keperluan administrasi. Jika kalian memrlukan pas foto, kalian harus ke studio foto dan membayar dengan cukup mahal. Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara membuat pas foto dan mengganti background pas foto sendiri dengan berbekal software Adobe Photoshop.

Cara Mengganti Background Merah/Biru di Pas Foto dengan Photoshop

1. Pertama, buka software Adobe Photoshop. Selanjutnya, masukkan foto yang ingin kalian edit dengan cara buka menu File lalu Open dan Pilih Foto. Jika sudah dipilih, klik Open untuk membuka foto di Photoshop.

2. Jika foto sudah terbuka, selanjutnya kalian perlu lakukan seleksi dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool atau shortcut tombol L pada keyboard. Lakukan seleksi dengan hati-hati sesuai dengan bagian tepi hingga kembali ke titik semula.

3. Jika foto telah diseleksi maka akan dikelilingi tanda garis putus-putus. Guna memperhalus hasil seleksi, kalian dapat mengakses menu Select lalu pilih Modify dan pilih Smooth. Pada jendela Smooth Selection masukkan nilai sebanyak 2 pixels lalu pilih OK.

4. Selain itu, kalian juga dapat menambahkan efek Feather yang terdapat pada menu Select > Modify > Feather. Masukkan nilai 1,5 pixels lalu pilih OK.

5. Jika sudah maka hasil seleksi yang kalian buat akan jadi seperti ini. Pastikan pinggiran foto sudah rapi dan tidak ada bagian yang salah.

6. Kalian dapat menduplikasi bagian yang terseleksi pada layer baru dengan menekan tombol Ctrl + J. Maka, Layer 1 menjadi foto dengan background transparan dan layer Background merupakan foto awal sebelum diedit.

7. Selanjutnya kalian hanya perlu memilih warna background yang akn digunakan. Biasanya warna merah digunakan untuk kelahiran tahun ganjil dan warna biru untuk tahun genap.

8. Silahkan beralih ke layer Background dan untuk memberikan warna kalian hanya perlu menekan tombol Ctrl + Delete untuk mengganti warna background. Maka, hasilnya akan seperti dibawah ini, namun untuk hasil yang lebih baik klik menu Layer > Flatten Image.

9. Jika sudah selesai, simpan foto yang telah diedit dengan cara klik menu File > Save As atau tekan tombol shortcut Ctrl+Shift+S. Kemudian beri nama dan pilih format foto lalu tekan Save. Berikut hasil sebelum dan sesudah diedit:

Itulah informasi dan tutorial tentang”Cara Mengganti Background Merah/Biru di Pas Foto dengan Photoshop, Sangat Mudah!“, semoga bermanfaat.

 

You must be logged in to post a comment Login

Shares