Tutorial

Cara Paling Simpel Mengambil Screenshot Layar di Windows 7, 8 dan 8.1

on

Pro.co.id – Banyak orang mengatakan Screenshot, namun karena kita sebagai pengguna Komputer awam masih bingung, apa sih Screenshot itu? jadi Screenshot atau SS adalah mengambil sebuah gambar dengan melakukannya menangkap tampilan layar pada sebuah komputer. Untuk gambar yang di ambil beragam sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti dantaranya mengambil tampilan desktop, windows explorer, atau bahkan screenshot peramban yang sedang membuka halaman Web tertentu.

Fungsi dari melakukan screenshot ini adalah sebagai informasi dengan menunjukan secara jelas dengan tampilan yang pada saat mengambil tangkapan layar pada desktop tersebut. Umumnya orang menggunakan Screenshot ini untuk sebagai panduan atau tutorial, sehingga para pembaca akan lebih mudah mengerti dengan menunjukan langsung berupa gambar dan kondisi saat itu juga.

Dalam hal ini, untuk pengambilan screenshot layar di komputer sangat simpel, tapi meskipun begitu masih banyak yang belum tahu cara menggunakannya dengan cepat dan tentunya lebih mudah. Maka dengan di potingan ini telah disiaplan cara mudah mengambil screenshot pada komputer Windows 7,8 dan 8.1.

Dalam ulasan ini akan di berikan 3 cara yang bisa anda pilih mana yang paling mudah dalam menangkap layar atau screenshot. Untuk caranya silahkan lihat di bawah ini :

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc)

Cara pertama yang mudah dan paling banyak di gunakan dalam mengambil screenshot adalah dengan menggunanakan tombol Print Screen yang letaknya di sebelah kanan atas Keyboard. Bisa saja nama singkatan Print Screen berbeda-beda di setiap merk keyboard atau Laptop, sperti contohnya pada Lenovo Print Screen di tulis dengan PrtSc dan bukan PrintScr seperti pada kebanyakan Laptop.

Cara mengambil tangkapan layar menggunakan Print Screen sangat mudah, jadi pengguna hanya menyiapkan Tampilan layar mana yang akan di Screen Shoot, kemudian pencet tombol Print Screen pada keyboard, kemudian anda Paste atau CTRL + V di Aplikasi pengolah Gambar seperti Paint, Photoshop dan lainnya.

Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc)

2. Menggunakan Shortcut Tombol Windows + Print Screen

Dengan cara kedua ini pengguna bisa menangkap layar penuh dengan menggunakan Kombinasu tombol Keyboard windows + print screen. Selanjutnya anda siapkan tampilan layar yang akan di ambil  dengen menekan windows + print screen , nanti desktop akan meredup beberapa detik.

Redup tesebut merupakan sebuah tanda sebagai proses pengambilan screenshot dan nantinya gambar yang di ambil tersebut akan tersimpan di folder C:\Users\Nama User\Pictures\Screenshots.  jika di dalam komputer anda tidak ada folder Screenshots  maka system akan membuatnya secara otomatis bersamaan dengan pengambilan Secreen Shot.

Screenshot

3. Menggunakan Snipping Tool

Tidak banyak yang tahu dengan Tools yang satu ini. Snipping Tool merupakan sebuah aplikasi bawaan Windows yang memang di fungsikan untuk mengambil screenshot, Jadi kelebihan dari Tools ini terdapat 4 pilihan untuk mengambil screenshot. Jadi anda bisa mengambil layar penuh, Dalam bentuk yang bebas, dan terakhir pengampilan rectangular atau Kotak.

Menggunakan Snipping Tool

Nah, beberapa cara di atas sangat mudah bukan? dan anda pun bisa menggunakannya di berbagai Windows Versi seperti windows 7, windows 8, dan windows 8.1. Semoga Bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares