komponen komputer

12 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi , Rusak dan Eror

By

on

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi , Rusak dan Eror

Apa yang anda rasakan ketika anda sedang asik mengerjakan tugas atau bermain laptop, lalu tiba-tiba tombol keyboard laptop anda tidak berfungsi?

Keyboard merupakan komponen penting dalam mengoperasikan laptop maupun pc. Keyboard memiliki fungsi yang sangatlah vital terutama untuk mengetik pada aplikasi microsoft atau aplikasi aplikasi lainnya. Biasanya keyboard pada laptop maupun pc yang sudah lama sering terjadi masalah seperti salah satu tombol tidak berfungsi atau tombol keyboard eror, tombol keyboard tertukar, maupun keyboard tidak berfungsi sama sekali.

Sebenarnya terdapat banyakpenyebab tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik, seperti adanya kotoran pada bagian dala keyboard, usia keyboard yang sudah tua, maupun fungsi Fn yang tertukar. Langkah awal untuk mengetahui keyboard kita eror maupun tidak berfungsi adalah dengan melakukan menganalisa masalah, salah satu ciri keyboard yang rusak adalah dengan mengeluarkan bunyi beep berulang-ulang pada saat laptop dinyalakan.

Cara mengatasi masalah Keyboard Laptop 

Tidak harus pergi ketukang service untuk memperbaiki keyboard kit ayang tidak berfungsi. Kita dapat melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mencoba memperbaiki keyboard sendiri.

Berikut Cara Mengecek Tombol Keyboard yang rusak

1. Langkah pertama buka notepad
2. Selanjutnya tekan salah satu tombol shift pada keyboard (kanan/kiri)
3. Langkah selanjutnya ketikkan semua huruf dan angka pada notepad tanpa melepas tombol shift
4. Coba lihat tombol apa saja yang tidak ada.

Tombol keyboard eror atau tidak berfungsi

Ciri-ciri

  • Salah satu tombol tidak berfungsi
  • Tombol seperti menekan terus menerus
  • Terdengar bunyi beep yang panjang

Cara mengatasi

  • Lepas semua sambungan energi pada laptop (Carger dan baterai) karena jika tidak dilepas dapat merusak komponen yang lain)
  • Lepas tombol keyboard pada laptop (hati-hati jangan sampai merusak kaki-kaki dibawah tombolnya)
  • Setelah itu bersihkan dengan menyemprotkan dengan hair dryer secara merata. Berikan semprotan yang lebih pada tombol yang eror
  • Pasang kembali tombol keyboard anda
  • Jika cara tersebut belum berhasil, anda dapat membersihkan debu dengan kuas atau menggunakan air/alkohol lalu keringkan dulu setelah itu pasang kembali tombol keyboardnya.

keyboard tertukar huruf

Ciri-ciri

Jika kita pengguna laptop namun sering menggunakan keyboard eksternal juga, maka maslah berikut ini bisa jadi akan menimpa anda juga. Ketika kita selesai memakai keyboard eksternal lalu menggunakan kembali keyboard bawaan laptop ada yang berubah seperti saat kita tekan tombol m,j,k,l,u,i,o sedangkan yang muncul adalah angka 0,1,2,3,4,5,6. Biasanya penyebabnya lantaran terjadi pertukaran pada tombol Fn.

Cara mengatasi

  1. Tekan dan tahan tombol Fn lalu tekan tombol fungsi numeric. Tombol numeric ini biasanya berada pada deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12. Bertuliskan “insert dan NumLK”
  2. Inti dari tombol tersebut mirip dengan tombol capslock, ditekan sekali akan berubah menjadi huruf capital dan ditekan sekali lagi akan berubah kembali menjadi huruf keci.
  3. Jika cara tersebut belum berhasi, ulangi kembali cara tersebut

Berikut ini merupakan beberapa masalah lainnya yang terjadi pada laptop bila tidak berfungsi

1. Restore Windows

Apabila keyboard anda terhenti setelah melakukan instalasi aplikasi baru atau mengubah pengaturan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat melakukan Restore Windows terlebih dahulu untuk memulihkan sistem. Berikut adalah caranya :
Klik Start menu, kemudian klik Control Panel.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
Selanjutnya, pada sorot pilihan menu System and Security, pilih Back up your computer.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
Setelah itu, pilih Recover system settings or your computer.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

2. Memperbaiki Driver Keyboard

Keyboard yang tidak dapat berfungsi bisa jadi karena driver keyboard anda tidak uptodate atau ada aplikasi perusak yang menyebabkan keyboard anda kurang reseponsif. Anda dapat melakukan pemeriksaan dan pemastian apakah driver keyboard anda bekerja dengan baik atau tidak melalui Device Manager. Berikut adalah caranya :

  • Klik Start menu kemudian pilih Control Panel.
  • Selanjutnya klik System and Security lalu pilih Device manager
  • Di Device Manager anda akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada dalam laptop.
  • Kemudian pilih Keyboard dan anda akan menemukan pilihan menu Driver dibawahnya.

Apabila terdapat segitiga kuning dengan tanda seru didalamnya pada bagian atas, berarti ada masalah. Jika seperti itu, sebaiknya anda melakukan update driver keyboard dengan mengunduhnya di website resmi produsen laptop anda. Carilah driver terbaru yang sesuai dengan perangkat anda, setelah itu download dan install.

3. Restart Laptop

Apabila seluruh keyboard tidak merespon, bisa jadi masalahnya terdapat pada driver atau software. Coba Restart laptop anda, bila tidak dapata merestar dari menu Start, anda dapat menahan tombol power selama 5 detik (maks 15 detik) maka laptop akan restart.

4. Keyboard Dibersihkan Dari Debu

Apabila ada bebarapa tombol keyboard yang tidak berfungsi, sementara yang lain bisa. Bisa jadi keyboard anda terhambat oleh tumpukan debu. Untuk menghilangkan debu tersebut, anda dapat mematikan atau menonaktifkan laptop anda kemudian miringkan laptop anda pada sudut 75 derajat atau 90 derajat lalu digoyangkan. Setelah itu, anda dapat menggunakan selotip atau stickynote untuk membersihkan bagian bawah dan atas keyboard.

5. Lepas Baterai Laptop

Jika ada beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi, anda dapat melakukan reset. Berikut adalah caranya :

  • Pertama shut down atau matikan laptop.
  • Selanjutnya lepaskan baterai dan kabel adapter lalu diamkan selama satu menit.
  • Tahan tombol power selama 60 detik.
  • Setelah itu masukan kembali baterai dan hidupkan kembali laptop.

6. Periksa Num Lock

Terkadang keyboard tidak berfungsi akibat ulah anda sendiri. Yang paling umum terjadi adalah aktifnya Num Lock sebab kombinasi tombol tertentu. saat Num Lock aktif, karakter yang muncul biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan. Untuk itu untuk mematikan Num Lock tersebut, anda dapat menekan tombol fn dan NumLk secara bersamaan atau juga bisa dengan menekan Caps Lock dan NumLk.

7. Konektor Terlepas

Apabila telah mengintal driver namun keyboard juga belum terdeteksi, bisa jadi ada masalah dengan konektornya seperti rusak, renggang, terlipat, atau terlepas. Untuk memperbaikinya anda harus membuka keyboard kemudian menghiubungkannya dengan konektornya.

8. Menggunakan Keyboard Wireless

Jika keyboada tidak berfungsi, anda dapat menggunakan keyboard wireless untuk mengetik. Keyboard wireless tersebut dapat berfungsi dengan menggunakan jaringan bluetooth.

9. Menggunakan Keyboard USB Eksternal dan Keyboard Virtual

Apabila telah diperbaiki manun tetap tidak bisa anda dapat menggunakan keyboard USB internal untuk mengetik. Jika dalan keadaan darurat anda dapat menggunakan keyboard virtual dengan cara klik Start menu >> All Programs >> Accessories >> Ease of Access >> On-Screen Keyboard.

10. Bawa Ke Service Center Resmi

Apabila semua metode telah dilakukan dan tidak berhasil, jalan satu-satunya untuk mengetahui apa yang terjaadi dengan keyboard laptop anda yaitu dengan membawanya ke service center resmi apabila laptop anda masih garansi, jika sudah tidak bergaransi anda dapat membawa laptop anda pada teknisi komputer yang anda percaya.

Perawatan pada Keyboard

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat membantu memperpanjang usia keyboard anda, antara lain:

  1.  Bersihkan keyboard anda secara berkala dengan menggunakan cairan khusus untuk komputer
  2. Kuas dan bersihkan dari debu yang menebal pada sela-sela tombol.
  3.  Jangan meletakkan benda cair maupun makanan didekat keyboard anda.
  4. Jika sudah tidak digunakan lagi, tutup kembali laptop anda agar terlindung dari debu-debu yang masuk.

Semoga informasi yang diberikan terkait cara memperbaiki laptop yang tidak berfungsi bermanfaat untuk pembaca. Terimaksih telah berkunjung di Pro.Co.Id . Sampai bertemu diartikel lainnya..

You must be logged in to post a comment Login

Shares