Troubleshooting

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi atau Rusak

on

Pro.co.id – Hal yang paling menjengkelkan adalah pada saat lagi megerjakan tugas kuliah atau mengerjakan pekerjaan yang harus cepat di selesaikan, namun yang terjadi adalah Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi atau Rusak. tentu dengan adanya hal ini membuat semua pekerjaan tersebut menjadi terhambat. Sebagai pengguna Awam yang pasti di lakukan pertama kali adalah membawanya ke Toko Komputer untuk di Service, tentu hal ini anda lakukan jika memiliki Budget. lalu bagaimana jika tidak ada Budget, tentunya anda meminjam uang dengan teman anda dalam melakukan Service Laptop yang rusak tersebut. Eitsss nanti dulu!! karena sebenarnya ada cara mudah yang bisa anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk membawa laptop anda tersebut ke Toko komputer.

Untuk kerussakan keyboard sendiri ada banyak sekali macamnya baik pada tombolnya yang tidak berfungsi bahkan ada juga fungsi tombol tersebut tidak sesuai alias ngacak, misalnya pada saat anda menekan tombol “a” maka yang di tampilkan adalah Angka atau lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut bisa anda lihat selengkapnya pada ulan berikut ini :

Ciri Tombol Keyboard Error atau Tidak Berfungsi  :

  • Salah satu tombol pada Keyboard laptop anda tidak berfungsi
  • Tombol seperti tertekan terus menerus
  • Muncul bunyi Beep dengan suara yang panjang seperti Tombol tertekan terus menerus
  • Umumnya pada saat anda akan menyalakan Laptop harus menekan salah satu tombol keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi / Rusak

  1. Copot semua kabel atau baterai yang terhubung, hal ini jika tidak di lakukan akan merusak beberapa komponen.
  2. Lepas Keyboard pada Laptop
  3. Kemudian tahap selanjutnya anda harus hati-hati jangan sampai kaki-kakinya tersebut patah atau hilang yakni lepas copot semua tombol keybord
  4. Jika Keyboard sudah terlepas lakukan dengan Menyemprot menggunakan hair dryer secara merata. Lakukan lebih spesifik pada bagian tombol yang di rasa error atau rusak.
  5. Jika sudah selesai, pasang kembali Keyboard Laptop anda.
  6. Jika langkah di atas sudah anda lakukan namun belum juga berfungsi dengan baik, maka cara lainnya adalah dengan membersihkan debu atau kotoran menggunakan Kuas atau menggunakan Alkohol, namun sebelum di pasang kembali pastikan bahwa sudah kering.
  7. Setelah itu anda coba Restart Laptop anda terlebih dahulu.

Seperti yang telah di katakan di atas bahwa ada banyak jenis Error pada keyboard, Untuk anda yang mengalami Error pada tombol Fn. Maka anda bisa lihat di bawah ini untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop pada fungsi tombol Fn

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangat gampang sekali yakni anda hanya melakukan dengan menekan tombol Fn tahan jangan di lepas, kemudian anda tekan tombol fungsi numeric. Tombol fungsi Numeric ini bisa anda temukan umumnya pada bagian paling atas di deretan tombol fungsi F1-F12, yang memiliki tulisan Insert dan NumLK.

Selanjutnya anda bisa melepaskan kedua tombol tersebut. Sekarang anda tekan tombol u, jika masih tampil angka 4 maka anda belum berhasil, Lakukan langkah di atas kembali.

Jadi, sebanarnya fungsi tombol tersebut hampir sama dengan caps lock, dengan anda menekan sekali maka akan berubah menjadi huruf kapital, dan ketika anda menekan sekali lagi akan berubah menjadi huruf kecil.

Cara Alternatif:

Jika cara di atas masih juga belum membuahkan hasil, anda bisa menggunakan Alternatif keyboard untuk caranya anda bisa lihat di bawah ini :

Untuk pengguna Windows, sebagai alternatif pengganti Keyboard bisa menggunakan On-Screen Keyboard caranya dengan membuka Start  –> All Program –>  Accesories –>  Accesibility –>  On-Screen Keyboard.

Mungkin itu saja beberapa masalah keyboard yang sering di hadapi oleh pengguna komputer, Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa anda lakukan dengan menggunakan Software. Semoga Bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares