Informasi

Cara Memformat Harddisk Dan Menginstall Ulang OS Windows

By

on

Pro.Co.IdHarddisk merupakan salah satu hardware yang berperan penting dalam kinerja sebuah komputer, harddisk berperan sebagai penyimpan data yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu data personal (untuk file anda) dan data sistem (untuk file dari sistem komputer anda). Apabila file sistem terganggu atau rusak akibat virus maka kemungkinan besar sistem operasi akan terganggu dan anda tidak dapat menggunakan komputer anda. Akibat harddisk rusak maka data tidak dapat terbaca lagu, dan jalan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara memformat harddisk tersebut. Berikut adalah Cara Memformat Harddisk:

Cara Memformat Harddisk Data
Dalam penggunaan harddisk biasanya dipartisi atau dibagi menjadi beberapa bagian, umumnya harddisk dipartisi atau dibagi menjadi 2 bagian yaitu drive C (untuk sistem operasi) dan drive D (untuk data personal).

cara-memformat-harddisk

Untuk Driver system dan Driver data ada 2 cara melakukan formatting yang berbeda.

Untuk memformat data D: yang berisi data personal cukup mudah, anda hanya tinggal masuk melalui windows explorer dan pilih drive D: klik kanan lalu pilih format.

cara-memformat-harddisk1

Pada halaman berikutnya anda akan diberi pilihan untuk melakukan Format Biasa atau Quick Format. Untuk format yang lebih cepat anda dapat memiliki Quick Format atau format untuk proses pengecekan yang lebih mendalam.

cara-memformat-harddisk2

Pilih salah satu model memformat harddisk yang anda inginkan, lalu klik Start. Tunggu proses format berjalan dan dalam waktu singkat maka harddisk akan selesai terformat.

Tapi sebelum melakukan format harddisk pada drive D: anda perlu membackup semua data yang penting, karena setelah format harddisk akan seperti baru dan dalam keadaan dengan kata lain file anda akan hilang semua.

Cara Memformat Harddisk System

Proses format pada drive C: agak lebih kompleks daripada format pada drive D: karena biasanya proses format ulang drive C: akan bersamaan dengan proses install ulang sistem operasi (OS). Untuk melakukan format drive C dan install ulang sistem operasi anda membutuhkan CD intalasi sistem operasi . Pertama anda harus memasukkan CD intalasi kedalam ROM dan merestart komputer anda, selanjutnya anda harus masuk ke BIOS dan mengubah boot priority menjadi CD ROM, lalu restart kembali komputer anda. Kemudian anda dapat memulai proses instalasi sistem operasi sekaligus memformat ulang Drive C:.

Contoh tampilan opsi pada memformat harddisk pada instalasi Windows XP

cara-memformat-harddisk3

Contoh tampilan opsi pada memformat harddisk pada instalasi Windows 7

cara-memformat-harddisk4

Biasanya akan muncul tampilan opsi untuk memformat harddisk C: yang ada pada komputer anda, Pilih salah satu opsi selanjutnya harddisk akan di format sekaligus di installkan sistem operasi yang baru. Setelah proses instalasi selesai maka komputer dan harddisk anda akan seperti baru lagi.

Itulah”Cara Memformat Harddisk Dan Menginstall Ulang OS Windows“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares