Software

Definisi Lengkap Cara Kerja Sistem Komputer Menurut Pakar IT

on

Pro.co.id – Umumnya sebuah pengolahan dara dengan menggunajan Media Komputer bisa juga disebut dengan Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data itu sendiri memiliki arti data yang di lakukan pemrosesan kemudian di ubah dalam bentuk yang lebih memiliki arti dan berguna dengan hasilnya ada berupa informasi.

Dalam melakukan proses sebuah data untuk menjadi informasi yang berguna, Maka ada beberapa hal yang di butuhkan dalam sebuh system biasanya disebut dengan sistem komputer. Sistem yang kita ulas disini memiliki arti yang mana terdiri dari berbagai komponen-komponen yang saling terkoneksi hingga menjadikan satu kesatuan sehingga bisa di gunakan dalam melanjutkan ke tujuan Pokok dari sistem itu sendiri.

Di dalam ulasan ini akan di bahas bagaimana cara kerja sistem komputer. baik dalam hal pemasukan data kemudian di proses sampai dengan menghasilkan Ouput baik dalam bentuk cetakan, tampilan atau di keluarkan kembali. Untuk selengkapnya mengenai bagaimana data tersebut bisa di proses hingga menjadi sebuah Informasi, bisa membaca selanjutnya di bawah ini :

Computer Working Flow

1. Masukan [Input]

Tahap pertama sebelum data menjadi sebuah Informasi adalah tahap masukan pada sistem komputer. Tahap awal ini bisa di bilang data yang masih belum sempurna yang kemudian di masikan ke dalam Sistem Komputer lewat input device. Misalnya beberapa perangkat dukungan untuk masukan atau Input diantaranya keyboard, mouse, scanner, dll. seperti yang kita tahu bahwa untuk memasukan huruf, angka atau simbol lainnya  menggunakan keyboard ke dalam komputer dan kemudian untuk selanjutnya data akan di proses.

2. Proses [Process]

Pada bagian tahap kedua ini, data yang sebelumnya di masukan lewat beberapa perangkat input sebelumnya, maka untuk tahap ini merupakan pemrosesan yang di lakukan oleh CPU. Jadi bisa di bilang CPU ini memiliki fungsi dalam melakukan perhitungan dan Logika untuk membandingkan (ALU) dan juga mengontrol (CU). di tahap kedua ini data yang belum sempurna tadi akan di proses dan di buat sesuai dengan kebutuhan agar bisa di lakukan pencetakan hingga menjadi sebuah Informasi.

3. Keluaran [Output]

Di tahap ketiga ini, data yang sebelumnya sudah di masukan lewat berbagai perangakay Input lalu kemudian selanjutnya di proses oleh CPU maka sudah bisa di cetak jika telah siap. beberapa hasil cetakan ini di antaranya berupa hardcopy dan juga softcopy. Jadi Hard copy bisa di bilang menggunakan media Fiik seperti Kertas atau lainnya. kemudian untuk Softcopy bisa berupa tampilan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Perangkat yang mendukung hasil Ouput sendiri dantaranya adalah monitor, projector, printer, dll.

4. Menyimpan [Storage]

Untuk tahap terakhir ini adalah hasil proses hasil record dari beberapa pengolahan ke peralatan penyimpan seperti storage device dan nantinya bisa di gunakan kembali untuk di gunakan sebagai Input dan proses selanjutnya. Jadi data yang sepenuhnya belum sempurna atau file mentah yang telah di lakukan proses bisa di simpan ke media penyimpanan untuk kemudian jika diperlukan kembali bisa langsung cetak data.

Silahkan anda lihat pada gambar Diagram alur diatas yang mana terdapat 2 anak panah dengan saling berlawanan, hal ini memiliki arti bahwa data yang telah tersimpan bisa di ambil lagi sewaktu-waktu jika data tersebut di butuhkan dalam pengolahan data.

Jadi, pada intinya pengolahan data ini tidak memiliki ujung atau akhir. Hal ini bisa di buktikan dengan bisa di dapatkannya kembali dari data yang telah di olah sebelumnya, sehingga pengguna bisa di kembangkan lagi sampai menjadi sebuah Informasi yang bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares