Hardware

Cara Kerja Keyboard Komputer dan Pengertiannya

on

Pro.co.id – Seperti yang kita tahu bahwa sistem komputer terdiri dari 3 Komponen utama yakni Hardware, software, dan brainware. ketiga komponen tersebut saling terkait, apabila salah satunya tidak terpenuhi maka Komputer tidak akan bisa di gunakan atau di jalankan. Nah, salah satu perangkat Input dalam ketegori Hardware adalah keyboard.

Secara umum Keyboard merupakan sebuah alat input yang di gunakan oleh user untuk memasukan Informasi ke dalam Komputer dan juga sebagai perangkat yang menjalankan beberapa perintah di komputer. Jika dalam bahasa Indonesia Keyboard sendiri di artikan sebagai papan tombol jari atau papan tuts.

Atau istilah lainnya Keyboard adalah sebuah alat input atau masukan Standart yang wajib ada pada setiap komputer. keyboard dapat terhubung dengan komputer menggunakan sebuah kabel yang sudah tersedia di Keyboard. pada ujung keyboard di colokan ke Port USB/PS2 yang terdapat di CPU Komputer.

Cara Kerja Keyboard Komputer

Jika di lihat dari bentuk Fisiknya keyboard seperti sebuah Miniatur komputer. Keyboard juga sebenarnya memiliki prosesor sendiri dan terdapat sebuah rangkaian sirkuit yang membawa berbagai Informasi menuju dan dari Processor tersebut. Dari kesemua bagian tersebut yang paling besar rangkaiannya adalah “key matrix”.

Cara Kerja Keyboard Komputer 2

“Key matrix” merupakan sebuah kisi rangkaian yang terdapat di bawah tombol-tombol keyboard. di dalam Keyboard, pada setiap rangkaiannya terputus layaknya saklar pada titik di bawah tiap tombol. pada saat pengguna menekan pada sebuah tombol maka tombol tesebut seolah-olah seperti saklar, yang mana menjadi pada rangkaian akan tersambung dan mengalirkan arus listrik yang di lewatinya. Jika pengguna menekan pada tombol dengan waktu yang lama maka Processor tersebut akan membaca sama seperti menekan tombol secara berulang-ulang.

Pada Saat Processor menemukan rangkaian tertutup (atau tersambung karena adanya penekanan tombol), maka Processor tersebut akan membandingkan lokasi pada rangkaian yang tertutup dengan sebuah peta karakter yang telah di simpan dalam ROM (read only memory) keyboard.

Peta karakter sebenarnya adalah sebuah tabel daftar karakter yakni daftar pada setiap posisi tombol  atau tombol kombinasi dengan karakter yang di representasikan.

Contohnya saja, Peta karakter akan memberitahukan prosesor bahwasanya pada Tombol “a” dengan menakan tombol sendiri tanpa kombinasi maka akan menghasilkan huruf kecil “a”, namun jika di kombinasikan bersama dengan tombol Shift dan tombol “a” maka akan menghasilkan sebuah huruf kapital “A”. Bagaimana sekarang apakah sudah mengerti mengenai Cara Kerja Keyboard Komputer dan juga apa itu keyboard? Semoga Bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares