sistem komputer

Cara dan Tutorial Upgrade Windows 7 / 8 ke Windows 10 secara Gratis

By

on

Pro.Co.Id – Windows 10 merupakan sistem operasi untuk komputer personaka terbaru dari Windows yang dirilis pada 29 juli 2015 oleh Microsoft. Bagi anda pengguna windows 7 dan 8, windows memberikan upgrade gratis ke windows 10, namun seharusnya anda pengguna windows 7 dan 8 mendapat notifikasi di notification area di pojok kanan bawah taksbar, melalui notifikasi tersebut, Windows meminta izin untuk mengunduh berkas windows 10 dan menginstallnya pada komputer anda.

Namun tak sedikit dari pengguna windows 7 dan 8 yang belum mendapat notifikasi upgrade ke windows 10, hal itu kemungkinan terjadi karena fitur pembaruan otomatis di matikan, tidak menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak tersebut, spesifikasi komputer tidak mumpuni atau karena virus atau ancaman lain menghapus beberapa berkas untuk upgrade ke windows 10.

Namun jika anda tidak mendapat notifikasi upgrade ke Windows 10 jangan khawatir, anda dapat melakukan upgrade secara manualk dan gratis. Berikut adalah caranya:

Menggunakan Media Creation Tool

Dengan Media Creation Tool anda dapat meng-upgrade Windows 10 dengan mudah. Tapi pastikan anda menggunakan OS Windows SP1 atau Windows 8. Berikut Langkahnya :

  • Unduh Terlebih dahulu Media Creation Tool dan sesuaian dengan sistem bit yang digunakan komputer anda
    Setelah terunduh, Jalankan setup tersebut dan akan keluar 2 opsi pertanyaan lalu pilihlah opsi pertama yaitu Upgrade this PC now.

Cara-upgrade-windows-10-menggunakan-media-creation-tool

  • Kemudian klik Next untuk ke tahap berikutnya. Pengunduhan akan langsung berjalan dan bila telah selesai melakukan pengunduhan kemudian install Windows 10 tersebut.

Memunculkan notifikasi upgrade Windows 10

Caranya adalah :

  • Klik Start Menu, Lalu ketikan pada kotak pencarian “Windows Update”, lalu buka program tersebut. Alihkan perhatian anda pada tautan internal di samping kiri dan anda akan menemukan Change settings, klik tautan tersebut, lalu ubah pengaturan didalamnya menjadi seperti ini dan klik OK.

cara-upgrate-windows-10-dengan-memunculkan-notifikasi-upgrade-windows-10

  • Selanjutnya Restart Komputer anda dan buka lagi Windows update
  • Silahkan klik Check for update dan tunggu beberapa saat.

cara-upgrade-windows-10-dengan-memunculkan-notifikasi-upgrade-windows-10

  • Apabila windows telah selesai mencari update-an untuk komputer anda, Restart kembali komputer anda
    Maka akan muncul notifikasi upgrade windows 10

Itulah cara yan digunakan utnuk mengupgrade sistem operasi ke window 10. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares