Informasi

Cara Convert atau Mengubah Audio Rekaman Suara Menjadi Teks

By

on

Pro.Co.Id – Terkadang akibat kesibukan dan kekelahan, saat sedang mengikuti sebuah rapat atau mengikuti pelajaran dikampus kita akan terasa malas untuk mendengarkan apa yang dibicarakan oleh pembicara dan salah satu solusi yang dipilih adalah merekam pembicaraan yang terjadi saat itu. Namun apabila nantinya kita harus merangkum dan menulisnya kembali kita akan merasa lebih malas karena itu cukup melelahkan.

Nah untuk solusinya kami akan memberikan cara untuk mengubah atau convert audio atau rekaman suara tersebut ke dalam bentuk teks. Kita akan menggunakan 2 aplikasi yaitu Virtual Audio Cable dan juga Web Speech API Google.

Virtual Audio Cable merupakan aplikasi yang dapat mengirimkan suara dari aplikasi yang satu ke aplikasi lainnya sedangkan Web Speech API Google merupakan aplikasi yang dapat mengubah suara dari yang didengar menjadi text.

Berikut adalah cara mengubah atau Convert Audio menjadi Text :

Pertama, download dan install aplikasi Virtual Audio Cable.
Jika sudah selanjutnya lihat bagian pojok kanan bawah toolbar, kemudian klik kanan “Speaker atau Digital Audio“, kemudian klik “Playback Device“.

cara mengubah atau Convert Audio ke Text

Apabila sudah, selanjutnya klik kanan “Line 1“, dan klik”Set Default Device“.

cara mengubah atau Convert Audio ke Text

Kemudian tujulah aplikasi pemutar suara, baik itu Windows Media Player atau yang lainnya. Jalankan aplikasi pemutar suara tersebut, jika nanti saat diputar suara pada speaker tidak keluar jangan bingung karena jika begitu berarti aplikasi Virtual Audio Cable bekerja.

Selanjutnya, tujulah halaman situs Web Speech API Google. Selanjutnya klik gambar Microphone, tidak lama kemudian akan muncul hasil text dari audio yang di convert.

cara mengubah atau Convert Audio ke Text

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Convert atau Mengubah Audio Rekaman Suara Menjadi Teks . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares