Android

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Pada hp Android Tanpa Antivirus

By

on

Pro.Co.Id – Smartphone memang sangat rentan terhadap serangan virus atau malware yang disisipkan pada aplikasinya. Salah satu solusi yang sering pengguna lakukan yaitu dengan menginstal aplikasi antivirus, namun bagaimana jika ternyata virusnya terdapat pada aplikasi Antivirus tersebut. Kali ini Pro.Co.Id akan memberikan cara bagaimana virus di ponsel Android tanpa menggunakan aplikasi Antivirus. Simak penjelasan berikut.

Melakukan Factory reset pada ponsel android dianggap lebih ampuh untuk menghilangkan virus di ponsel android anda dibandingkan dengan menginstal aplikasi anti virus. Tapi resikonya anda kehilangan semua data yang telah terpasang pada ponsel android anda.Nah.. berikut ini merupakan cara menghilangkan virus tanpa menggunakan antivirus, antara lain:

safe-mode

1. Masuk ke Safe Mode
Sama seperti sistem operasi window, pada Androis juga memiliki fitur Safe Mode. Dengan menggunakn fitur ini maka ponsel anda hanya menjalankan beberapa aplikasi bawaan saja tentunya ponsel akan terasa ringan. Namun, dengan menggunan fitur ini aplikasi yang telah terinstal akan hilang, bukan berarti hilang dan kita harus meng instal kembali aplikasi-aplikasi di dalamnya. Maksud dari hilang yaitu aplikasi akan hilang ketika anda sedang menggunakan fitur safe mode. Dan ketika safe mode tidak aktif maka aplikasi nya akan muncul kembali seperi semula. Dengan menggunakan fitur safe mode, anda akan lebih mudah dan lebih aman untuk berpindah ke System aplikasi tanpa adanya masalah, dengan fitur ini juga pengguna lebih leluasa dalam membersihkan File yang tidak penting seperti Cahce, Histori dll.

reboot-safe-mode

Catatan: Untuk menggunakan safe mode pada setiap ponsel berbeda-beda caranya. Biasanya safe mode ada ketika kita menekan tombol volume dan tombol power. Untuk lebih mudah anda bila melakukan searching di google.

2. Cek aplikasi pada safe mode
Masih dalam keadaan safe mode aktif, Anda masuk pada aplikasi pengaturan caranya dengan masuk ke setting => apps. lalu pilih teb Downloaded.Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kita instal pada ponsel android kita.

setting-aplikasi

3. Hapus aplikasi yang mencurigakan
Jika pada ponsel terdapat aplikasi yang tidak kita instal maka patut untuk dicurigai. Cara terbaik untuk menghindari ponsel terkena virus yaitu dengan mencopot pemasangan aplikasi, atau melakukan uninstall. Namun jika ternyata aplikasi tidak dapat di uninstall itu karena diperluka hak Administatot, solusi yang dapat dilakukan yaitu kita lakukan Rooting pada ponsel terlebih dahulu.

delete-aplikasi

4. Pada Aplikasi asing Nonaktifkan akses administator
Saat kita menemukan aplikasi yang memberikan akses administator pada aplikasi, cara yang bisa kita lalukan selanjutnya yaiut dengan menghapus akses administatornya. Caranya yaitu dengan masuk ke Applicatioan Setting => Masuk setting => Security => Device Administrator. Hilangkan akses adminitator pada aplikasi asing tersebut. Selanjutnya , kembali ke Application Setting lalu periksa aplikasi asing tersebut, harusnya aplikasi tersebut sudah dapat dihapus.

delete-akses-administator

5. keluar dari Safe Mode
Setelah cara diatas sudah dilakukan, dan proses penghapusan aplikasi asing telah selesai. Selanjutnya kita keluar dari fitur safe mode dengan cara melakukan Reboot seperti Biasa.

log-out-safe-mode

Itulah  Cara Ampuh Menghilangkan Virus Pada hp Android Tanpa Antivirus , semoga informasi kali ini dapat menambah wawasan anda serta Memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.

You must be logged in to post a comment Login

Shares