Android

14 Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Android Yang Baik dan Benar

By

on

Pro.Co.Id – Semua smartphone memang dirancang untuk penggunaan daya yang besar. Jika anda harus selalu mengisi daya baterai smartphone anda pasti anda akan merasa bete, selain itu jika terlalu sering di charge, daya baterai hp anda lama- kelamaan berkurang dan kemudian rusak. Untuk meminimalisir kerusakan baterai anda dan tidak perlu mencharge smartphone kamu terlalu sering. Kami punya solusi untuk hal itu tanpa harus men-download aplikasi dahulu.

Berikut adalah Cara menghemat baterai smartphone Anda :

1. Kecilkan Brightness atau Kecerahan Layar Anda
Selain GPS, anda pasti tau bahwa layar smartphone anda yang paling banyak memakan baterai. Untuk itu, anda bisa men-setting cahaya pada layar smartphone anda agar tidak terlalu terang dapi tetap nyaman dilihat mata.

2. Matikan Mode Getar atau Vibrations
Meski getar memudahkan anda untuk mengetahui notifikasi seperti panggilan masuk dan lainnya, mnamun ternyata menggunakan mode getar dapat memakan banyak daya bahkan melebihi pemakaian daya pada mode ringtone. Matikan mode getar tersebut agar daya baterai tetap hemat.

3. Charge Baterai Secara Efisien
Terdapat 2 tipe baterai yaitu baterai nickel dan baterai lithium. Baterai Nickel lebih tahan lama dibanding baterai Lithium. Jika anda menggunakan baterai nickel, saat daya baterai anda tinggal sedikit, anda bisa men-charge hingga kapasitas 100% atau maksimum. Namun, jika anda menggunakan baterai lithium, anda harus men-charge baterai sesering mungkin agar terjaga kapasitas aslinya.

4. Matikan Paket data, Wifi, dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan
Jika sedang tidak digunakan sebaiknya matikan segala konektivitas seperti paket data, wifi, dan bluetooth, karena dapat membuang daya percuma. Tapi jika perlu, hidupkan salah satu saja.

5. Persingkat Waktu Time-Out atau Stand-By pada Layar Smartphone Anda
Karena layar memakan banyak daya, maka persingkatlah stand by atau time out layar smartphone anda.

6. Matikan Location Services atau GPS
Layanan lokasi atau GPS adalah penguras baterai smartphone paling besar selain layar smartphone anda. Anda bisa mematikan layanan lokasi tersebut pada menu setting smartphone anda. Nyalakan GPS seperlunya saja agar baterai lebih hemat.

7. Tutup Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan
Banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi yang baru digunakan hingga banyak aplikasi dalam keadaan terbuka meski tidak digunakan dan pastinya hal tersebut banyak membuang baterai secara percuma. Jika Anda menggunakan android, anda tinggal tap tombol multitasking dan anda bisa langsung men-swipe aplikasi yang tidak digunakan.

8. Buat Home Screen Simple Tanpa Banyak Widget
Buatlah tampilan home screen smartphone anda simple tanpa banyak widget karena semakin banyak widget pada home screen daya baterai smartphone anda akan lebih banyak tersedot. Selain itu jangan gunakan wallpaper dalam bentuk animasi yang dapat menghabiskan daya pula jadi matikan Live Wallpaper, gunakan wallpaper biasa atau tidak bergerak saja.

9. Jaga Smartphone Tetap Dingin
Baterai smartphone anda akan bekerja optimal pada saat keadaan dingin, jadi usahakan jangan terlalu sering dipakai agar system android anda tidak perlu bekerja ekstra atau jangan terkena matahari secara langsung dan tetap simpan pada tempat sejuk agar tetap dingin atau anda bisa mengurangi panas device anda dengan menggunakan aplikasi clean master.

10. Jangan menggunakan atau menerapkan live wallpaper atau wallpaper bergerak.
Live wallpaper ternyata dapat memakan daya baterai ponsel kalian. Gunakan saja wallpaper biasa atau yang tidak bergerak untuk mengurangi penggunaan daya baterai agar tidak boros.

11. Jangan mengaktifkan flash kamera di tempat terang.
Mengaktifkan flash kamera di tempat terang ternyata dapat membuat baterai anda menjadi lebih boros.

12. Gunakan headset saat mendengarkan musik
Usahakan kalian menggunakan headset ketika sedang mendengarkan music, jadi jangan menggunakan speaker, karena speaker akan memakan daya baterai lebih besar dari pada menggunakan headset.

13. Gunakan mode pesawat ketika kalian berada di daerah yang memiliki signal yang buruk.
Android akan mengeluarkan daya yang sangat besar untuk bekerja mencari signal yang ada ketika berada didaerah yang memiliki signal yang buruk.

14. Matikan fitur OK Google
Ok Google merupakan fitur pencarian suara google yang fantastis dan sangat fungsional. Masalahnya jika fitur itu aktif terus maka akan menyebabkan baterai android cepat terkuras lebih cepat.

Itulah informasi yang bisa diberikan tentang cara menghemat baterai android , semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares