Android

10 Browser Paling Ringan dan Tercepat Untuk Android Terbaik

By

on

Pro.Co.Id – Mencari informasi di internet kini dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Dengan Smartphone, Anda dapat mengakses internet dengan mudah. Mengakses internet tentunya perlu sebuah web browser. Ada tersedia banyak web browser di Play Store yang bisa Anda download dan gunakan.

Namun, kalian harus tahu browser apa yang paling ringan, cepat dan mampu berselancar di dunia maya.  Berikut adalah Browser yang paling ringan untuk android :

15. UC Browser

uc-browser
UC Browser menempati peringkat pertama browser android yang paling ringan, ketika digunakan UC Browser tidak rakus RAM. Dengan tampilan yang sangat simple dan flat membuat UC browser sangat cepat untuk membuka halaman. Meski membuka dengan jumlah tab yang cukup banyak menggunakan browser ini, sama sekali tidak terjadi hang atau lag. Istimewanya lagi UC Browser memiliki Adlock untuk memblokir iklan-iklan yang mengganggu anda saat berselancar sehingga laman yang dibuka dapat dimuat lebih cepat . UC browser juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang membuat browser ini semakin menarik. Selain sebagai Browser yang ringan UC browser juga menyajikan berita, aplikasi, bahkan video ter-update. UC Browser sangatlah cocok digunakan oleh smartphone android anda yang memiliki kapasitas RAM terbatas.

14. Chrome

chrome
Chrome biasanya sudah ada pada sebagian smartphone android sebagai sebagai browser bawaan yang dapat digunakan untuk berselancar internet. Chrome sebagai browser pada komputer memang bisa dibilang ringan dan cepat, dibanding browser lainnya seperti Mozilla. Tapi jika digunakan sebagai browser pada smartphone android dirasa masih lebih berat dibanding browser lain Karena Chrome tidak memiliki Adlock seperti UC Browser. Ketika digunakan untuk membuka berbagai situs memang terbilang ringan, namun jika digunakan dalam waktu yang lama akan terjadi lag yang cukup mengganggu, Anda harus mengurangi jumlah tab yang anda buka. Disarankan Smartphone dengan RAM minimal 2 GB agar Chrome dapat berjalan dengan smooth, baik dan lebih cepat.

13. Puffin Browser

puffin-browser
Puffin Browser merupakan salah satu browser yang ringan untuk digunakan, namun mungkin tidak banyak pengguna smartphone android yang menggunakannya. Ukuran atau size browser ini tergolong kecil sehingga tidak membebani memori. Selain ringan dan cepat, menariknya Puffin Browser jika digunakan dapat menghemat data hingga 60% sehingga berguna bagi anda yang memakai paket internet berbasis kuota. Puffin Browser juga memiliki fitur yang menarik seperti Shake yang digunakan untuk mendapat kualitas gambar tinggi saat berselancar. Misal anda mencari gambar pada Google, Puffin Browser akan menampilkan thumbnail gambar dengan ukuran kecil sehingga tidak memakan kuota anda. Jika anda ingin dapatkan gambar ukuran sebenarnya anda bisa menggoyangkan smartphone anda.
Pada Puffin Browser anda juga dapat menyimpan shortcut untuk membuka situs favorit. Saat menggunakan Puffin Browser anda dapat berpindah tab dengan cepat tanpa hambatan, walau membuka banyak tab, Puffin Browser tetap cepat dan stabil. Browser ini tidak memiliki fitur AdBlock seperti UC Browser sehingga jika anda membuka halaman yang penuh iklan browser ini akan sedikit melambat.
Puffin Browser memiliki trackpad dan gamepad virtual, tetapi Puffin Browser tetap ringan ketika digunakan.

12. Opera Mini

opera-mini
Opera Mini merupakan salah satu browser yang cukup ringan digunakan meski tidak seringan UC Browser ataupun Puffin Browser. Halaman muka browser ini cukup simple dan dapat menempatkan halaman favorit anda untuk akses lebih cepat.
Namun sayang, ketika memuat website yang penuh gambar, Opera Mini akan terasa lebih berat digunakan. Selain itu, tidak memiliki AdBlock untuk membuang iklan yang mengganggu. Meskipun begitu Opera Mini ketika digunakan berpindah-pindah tab tetap cepat dan ringan digunakan.

11. CM Browser

cm-browser
CM Browser termasuk browser android yang ringan dengan ukuran yang kecil yaitu tidak lebih dari 5 MB jika digunakan. CM Browser memiliki tampilan simple dan flat, sangat ringan untuk browsing. Browser ini sangat cepat untuk membuka satu halaman website, selain ringan dan cepat CM Browser sangat smooth saat berpindah dari halaman yang satu ke yang lainnya. Saat berpindah tab akan ada animasi bergerak yang cantik, meski begitu CM Browser tetap ringan di gunakan. Saat digunakan atau running CM Browser hanya memakan 3 MB dari kapasitas RAM. Namun sayang, CM Browser tidak memiliki AdBlock sehingga ketika membuka website yang penuh iklan,CM Browser akan sedikit melambat namun tetap ringan digunakan.

10. Lightning Browser

lightning-browser
Lightning Browser adalah salah satu browser android yang paling ringan, dengan ukuran download sangat kecil yaitu di bawah 2 MB sehingga tidak membebani android anda. Lightning Browser memiliki tampilan muka yang cukup simple sehingga saat membuka satu halaman tidak begitu lama, tapi lebih lammbat dari CM Browser. Saat membuka beberapa tab sekaligus, browser ini tetap berjalan smooth tanpa hambatan. Uniknya, memilih tab yang telah dibuka cukup meggeser layar ke kanan dan ke kiri.

9. APUS Browser

apus-browser
APUS Browser adalah salah satu browser android yang ringan digunakan, tapi mungkin tidak banyak pengguna android yang menggunakan ini. APUS Browser memiliki ukuran yang kecil dan jika di download tidak lebih dari 2MB. Tampilan halaman muka browser ini flat sehingga tidak begitu berat untuk membuka satu halaman. Fitur pada APUS Browser cukup lengkap seperti shortcut untuk membuka website favorit, kondisi cuaca hingga berita ter-update. Fitur lain yang di berikan browser ini adanya Speed Mode sehingga membuka satu halaman dapat dengan cepat. Tapi konsekuensinya RAM yang digunakan sedikit cukup besar. Ada juga fitur No Image sehingga lebih ringan dan heat kuota internet saan di gunakan. APUS Browser memiliki pula fitur AdBlock.

8. Dolphin

dolphin
Ukuran download browser ini tidak lebih dari 10 MB sehingga tidak membebani smartphone anda. Ketika di coba membuka banyak tab, Dolphin tetap ringan , baik dan cepat. Tapi sayangnya, jika digunakan dengan jangka waktu yang lama, akan terasa melambat dan cukup membebani. Selain itu, ketika di coba untuk membuka banyak tab sekaligus, browser ini dapat menghabiskan sekitar 100 MB RAM, tapi jika tab ditutup satu per satu maka konsumsi RAM akan berkurang.
Dolphin menyediakan banyak add on. Yang unik adalah adanuya fitur untuk mengubah tampilan web ke PDF langsung. Agat tetap smooth saat digunakan setidaknya gunakan smartphone dengan RAM sebesar 1 GB.

7. Next Browser

next-browser
Next Browser juga termasuk browser yang ringan digunakan walaupun tidak begitu familiar. Browser ini merupakan browser buatan GO Launcher. Next Browser memiliki fitur pengatur ON dan OFF Flash Player yang membuat browser ini terasa ringan. Jika Flash Player berada pada posisi ON maka akan terasa lebih berat namun jika di matikan maka akan terasa lebih ringan.
Jika sudah cukup lama digunakan Next Browser akan sedikit lambat. Sebaiknya menggunakan smartphone dengan RAM 1 GB untuk menggunakan Next Browser yang ringan dan tetap smooth.

6. Link Bubble

link-bubble
Link Bubble merupakan salah satu browser yang cukup ringan digunakan walau tidak begitu dikenal oleh pengguna smartphone android. Link Bubble sama seperti kebanyakan browser yaitu cukup cepat daam memuat halaman website dan mendukung Flash Player. Namun jika ada animasi geraknya broser ini akan sedikit melambat. Saat berjalan di background, Link Bubble cukup memakan banyak RAM sekitar 70 MB. Disarankan ketika membuka browser ini tidak membuka terlalu banyak aplikasi lain. Maksimal buka 5-8 tab agar kecepatan broser tidak menurun

Itulah informasi yang bisa diberikan tentang Browser Paling Ringan dan Tercepat Untuk Android , semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares