Informasi

Begini, Cara Update/Upgrade Android Via OTA (Over The Air) Tanpa Menghilangkan Root

By

on

Begini, Cara Update/Upgrade Android Via OTA (Over The Air) Tanpa Menghilangkan Root – Untuk mengupdate sistem operasi Android di smartphone kalian dengan cara OTA (Over the Air) yang artinya update sistem operasi langsung update dari smartphone kalian. Tapi jika kalian memiliki device android yang sudah di root maka kalian bisa mengupdate smartphone kalian via OTA jika kalian tidak ingin akses root kalian hilang atau lebih parahnya sistem smartphone kalian rusak. Namun, jangan khawatir ada cara update Android OTA tanpa hilangkan root yaitu dengan menggunakan aplikasi FlashFire. Aplikasi ini merupakan tool dari Chainfire yang memiliki banyak fitur seperti flashing update OTA dan zip, backup dan restore data, wipe data dan lain sebagainya. Berikut cara selengkapnya:

Cara Update/Upgrade Android Via OTA (Over The Air) Tanpa Menghilangkan Root

1. Pertama, download aplikasi FlashFire. Jika kalian mendapatkan notifikasi jika device kalian mendapatkan updatean Android, download tanpa menginstallnya.

2. Jika, download-an update sudah selesai, masuk ke aplikasi FlashFire dan secara otomatis akan menditeksi file update yang kalian download lalu tap OK.

3. Kalian akan masuk ke halaman dimana kalian bisa memilih apa yang akan dilakukan saat meng-update sistem Android kalian. Jika kalian sudah selesai, tap Flash.

4. Selanjutnya, akan muncul pop up warning yang berisi pemberitahuan jika proses update akan memakan waktu beberapa waktu dan layar akan berubah menjadi hitam beberapa kali. Tekan OK jika kalian setuju.

5. Proses flashing akan berjalan dan scrolling text akan muncul di layar smartphone kalian. Tapi jangan khawatir, itu hanya proses dari flashing yang dilakukan FlashFire. Dan sekarang smartphone kalian telah memiliki sistem android terupdate.

Tapi jika cara diatas gagal karena kalian sempat mengkostumasi kernel atau system partition sudah dimodifikasi dengan Xposed Framework, kalian dapat menggunakan cara kedua, sama masih menggunakan aplikasi FlashFire tapi caranya agak berbeda. Berikut selengkapnya:

1. Pertama download factory image untuk device kalian. Lalu, copy factory image dengan ekstensi .tgz ke internal storage ataupun SD Card yang digunakan smartphone kalian.

2. Selanjutnya, masuk ke aplikasi FlashFire, lalu tap menu dan pilih Flash Firmware Package.

3. Cari factory image yang tadi kalian simpan dan pilih

4. FlashFire akan memindai file yang kalian pilih tadi untuk memeriksanya.

5. Akan muncul beberapa pilihan yang bisa kalian lakukan untuk flashing device kalian. Pilih yang kaliam perlukan. Jika sudah, tekan tanda centang yang berada di kanan atas.

6. Kalian akan masuk ke halaman dimana terdapat daftar yang akan dilakukan FlashFire saat flashing device kalian lalu periksa. Jika sudah diperiksa, tekan Flash dan lanjut ke OK. Device kalian akan langsung diflashing dan blank screen akan muncul beberapa kali. Dan sekarang, Android kaliansudah ter-update.

Itulah informasi tentang”Begini, Cara Update/Upgrade Android Via OTA (Over The Air) Tanpa Menghilangkan Root“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

You must be logged in to post a comment Login

Shares