Informasi

Begini, Cara Membuat Keystore dan Release APK Untuk Upload Ke Play Store Dengan Mudah

By

on

Begini, Cara Membuat Keystore dan Release APK Untuk Upload Ke Play Store Dengan Mudah – Play Store merupakan tempat download berbagai aplikasi android yang disediakan oleh Google. Para developer android banyak menguplod karya mereka ke Play Store walaupun banyak pilihan toko aplikasi android seperti Mobigenie, Amazon dan lain sebagainya. Untuk publish aplikasi ke play store, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum aplikasi di publish. Salah satu yang perlu disiapkan yaitu key/fingerprint ke aplikasi yang akan dipublish, key tersebut disebut dengan release key. Release Key ini dibutuhkan agar aplikasi dapat di publish di playstore. Nah, berikut adalah caa membuat keystore dan release apk untuk publish di playstore.

Cara Membuat Keystore dan Release APK

1. Pertama, buka project yang ingin kalian publish.

2. Pilih menu Build > Generate Signed APK. Kemudian akan muncul kotak dialog “Generate Signed APK”. Disini file Keystore baru akan dibuat (jika sudah ada tidak perlu membuat baru). Keystore bisa dikatakan identitas dari aplikasi. Keystore biasanya digunakan pada proses autentikasi file dan komunikasi data. Keystore ini diibaratkan tanda tangan untuk setiap aplikasi yang pernah dibuat. Namun hal yang perlu diingat, keystore yang sama harus digunakan saat akan melakukan update aplikasi (mengganti apk versi lama ke apk versi baru).

2. Selanjutnya, klik tombol Create new. Setelah itu, klik tombol () di samping kotak Key store path untuk menentukan lokasi keystore.

3. Kemudian, isi kolom sesuai dengan informasi yang diperlukan, lalu klik Next.

4. Setelah itu, tentukan lokasi dimana file APK akan disimpan. Build Type Release lalu klik Finish.

5. Tunggu hingga muncul kotak dialog berhasil seperti ini.

Demikian artikel pembahasan tentang”Begini, Cara Membuat Keystore dan Release APK Untuk Upload Ke Play Store Dengan Mudah“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares