Android

9 Aplikasi Penyimpanan Data Online Cloud Storage Terbaik Untuk Android

By

on

Pro.Co.Id – Fungsi memori dan slot memori dalam ponsel memang memiliki peran yang sangat penting. Memori memiliki tugas untuk menyimpan semua file yang ada dalm ponsel anda. Semakin canggihnya sistem operasi mobile saat ini makan semakin besar pula kebutuhan memori yang digunakan.

Sebagai saran, jika anda ingin membeli smartphone baru, ada baiknya anda mencari smartphone yang memiliki kapasitas memori internal minimal 16 GB, RAM 2 GB serta memiliki slot microSD. Namun, buat anda yang kebetulan memiliki smartphone dengan kapasitas memori minim, kali ini Pro.Co.Id akan memberikan informasi tentang aplikasi penyimpan file pada smartphone anda.

Ada banyak sekali jenis aplikasi penyimpanan data di Playstore yang memiliki fungsi sebagai penyimpan data atau file. Layanan tersebut merupakan Cloud Storage, Cloud Storage adalah sebuah layanan penyimpan file di internet yang dapat digunakan untuk meng-upload atau meng-backup file baik berupa foto, video atau dokumen lainnya. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi terbaik cloud storage terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file atau data pada android kamu :

Copy

copy
Merupakan layanan cloud storage dari perusahaan peyedia keamanan terkemuka yaitu Barracuda Networks, Dengan mendaftar ke Copy maka kamu akan mendapat 15 GB penyimpanan Gratis. Jika kamu ingin lebih, kamu bisa mengajak orang lain atau teman menggunakan Copy, caranya masuk Menu Setting lalu pilih opsi “Refer A Friend!”. Kamu dan Teman yang kamu ajak menggunakan Copy akan mendapat tambahan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB jika kamu berhasil mengajak teman tersebut.

Karena Copy merupakan produk dari Barracuda maka semua file yang kamu simpan akan dikelola dan dikontrol oleh Barracuda tanpa campur tangan pihak lain. Demi meningkatkan keamanan, data yang kamu simpan akan dilindungi dengan enkripsi berlapis, termasuk salah satunya adalah metode enkripsi Advances Encryption Standar yang disingkat AES 256 digunakan saat mengirim dan menyimpan data di server.

Box

box
Jika kamu mendaftar Cloud storage ini maka kamu akan mendapat penyimpanan sebesar 10 GB, jika kamu ingin lebih hingga 100 GB tambahan caranya kamu harus mengajak teman atau orang lain untuk mendaftar Box.
Berbeda dengan aplikasi yang lain, selain digunakan untuk menyimpan dengan aplikasi ini kamu juga bisa file dokumen kamu seperti dokumen Ms Word, PDF atau yang lainnya tanpa membuka aplikasi yang lain.

Dropbox

dropbox
Dengan mendaftar Cloud Storage ini kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB, namun kamu bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 16 GB dengan cara mengajak teman atau orang lain untuk menggunakan cloud storage ini. Untuk setiap orang yang berhasil kamu ajak kamu akan mendapat tambahan penyimpanan sebesar 500 MB.

Google Drive

google-drive
Dengan mnggunakan cloud storage ini kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB, Dengan aplikasi Google Drive kamu bisa membuat file Document, Presentation, dan Spreadsheet. Namun, sebelumnya kamu perlu memasang aplikasi Docs, Slide, dan Sheet.

OneDrive

onedrive
Nama awal cloud storage ini adalah SkyDrive. OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft, dengan mendaftar cloud storage ini kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB.
Kamu dapat menyimpan berbagai jenis file pada OneDrive dan bila kamu pengguna sistem operasi Windows 8.1. Semua datamu akan terhubung secara otomatis sehingga kamu tidak perlu mengirim secara manual menggunakan USB.

Mega

mega
Dengan registrasi pada layanan cloud storage ini kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan gratis sebesar 50 GB. Pada cloud storage ini kamu bisa menyimpan berbagai jenis file mulai dari video, musik, dokumen, foto da lainnya.
Saat kamu registrasi akun, Mega akan membuat sebuah kunci yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi data kamu. Enkripsi merupakan proses mengamankan informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca dengan sebuah sandi khusus. Sedangkan dekripsi merupakan proses membuat informasi yang disandikan sebelumnya dapat dibaca. File akan dienkripsi sebelum di-upload dan file tersebut hanya akan didekripsi lagi apabila file tersebut telah berada di perangkat pengguna.

Flickr

flickr
merupakan aplikasi berbagi foto dari Yahoo. Flickr akan memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 1000 GB atau setara dengan 1 TB yang bisa kamu manfaatkan untuk maenyimpan koleksi foto dan video kamu.
Supaya video dan foto kamu dapt tersimpan di Flickr, kamu perlu mengaktifkan dahulu fitur Auto Sync pada menu Setting. Seelah aktif barulah video dan foto yang kamu ambil akan tersimpan secara otomatis di Flickr. Namun sayang, kamu tidak dapat meng-upload file selain video dan foto.

Amazon Cloud Drive

amazon-cloud-drive
Berbeda dengan cloud storage lain, Cloud Storage ini memberikan data unlimited pada pengguna selama sebulan penuh, namun bulan berikutnya kamu akan dikenakan baya sebesar $11,99 selama setahun.

Sugar Sync

sugar-sync
Setelah kamu mendaftar pada Cloud Storage ini maka kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB.

Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis aplikasi sharing file, Namun aplikasi-aplikasi di atas merupakan aplikasi yang Pro.Co.Id rekomendasikan untuk para pengguna android. Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares