Android

5 Aplikasi Keren Augmented Reality (AR) di Android Wajib Diketahui

By

on

Setelah adanya aplikasi game Pokemon Go yang menerapkan Augmented Reality pada sistem dan cara bermain pada gameplay nya, saya rasa mulai dari sanalah semakin bermunculan aplikasi-aplikasi yang menawarkan fitur Augmented Reality yang banyak dikembangkan dan diciptakan oleh para developer aplikasi dengan beragam fitur dan jenis manfaatnya.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang menerapkan sistem dan fitur Augmented Reality ini, akan memungkinkan anda untuk dapat melakukan hal-hal seperti mengubah karpet menjadi sirkuit balap ataupun membuat benda yang hanya berupa gambar 2d bisa terlihat seperti gambar 3d, dan hal-hal unik lain yang mungkin tidak akan anda dapatkan pada aplikasi-aplikasi yang belum menerapkan fitur Augmented Reality ini.

Inilah beberapa aplikasi yang memiliki fitur Augmented Reality yang dapat anda akses dan gunakan fitur-fiturnya secara gratis pada perangkat Android Anda. Aplikasi Augmented Reality (AR) Gratis untuk Android :

1. Snapchat
Snapchat merupakan aplikasi pertama yang memiliki fitur Augmented Reality yang sudah sangat terkenal dan banyak sekali digunakan oleh para pengguna perangkat iOS, sekarang Snapchat sudah dapat anda gunakan untuk anda para pengguna smartphone Android dengan fitur-fitur dan cara penggunaan yang sama seperti di IOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa menambahkan stiker 3D di wajah anda secara Real time dengan menggunakan kamera dari smartphone Android Anda. Dengan memiliki filter yang bisa menyesuaikan secara otomatis dengan karakteristik wajah, maka bentuk dari stiker 3D yang ada pada aplikasi Snapchat ini akan dapat menyesuaikan sendiri dengan wajah anda sehingga tidak belepotan apalagi tidak rapi.

Ada banyak filter yang terdapat pada aplikasi Snapchat ini, contohnya membuat wajah anda tampak seperti zombie, rubah, dan lain-lain. Dengan hanya menahan sticker 3D saat Anda mengambil selfie anda sudah dapat merasakan fitur sticker 3d ini.

2. Wikitude
Aplikasi yang memiliki fitur Augmented Reality selanjutnya adalah Wikitude. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan mendapatkan informasi yang sangat lengkap atau sedikitnya dapat membantu anda mengenai apa yang sedang ada di depan Anda, sepanjang perjalanan ataupun juga hal-hal yang sedang terjadi di sekitar Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamera yang terdapat pada perangkat anda akan memindai secara landscape terhadap objek yang ada di depan Anda, kemudian fakta yang dimiliki oleh objek tersebut baik yang tersembunyi ataupun yang menarik akan muncul.

3. Kick Ball (ARSoccer)
Aplikasi dengan fitur Augmented Reality ini adalah aplikasi untuk anda yang ketagihan nonton bola setelah melihat Yuro 2016. Dengan aplikasi ini, anda bisa bermain bola virtual yang dapat anda tendang dengan hanya melihat melalui layar smartphone anda.

4. Star Walk 2 Constellations
Aplikasi Star walk 2 Constellation merupakan aplikasi dengan Augmented Reality yang dapat anda gunakan untuk mengetahui apa yang sedang Anda lihat di langit. Anda dapat mengetahui apa yang sedang Anda lihat di langit, Apakah itu bintang planet komet meteor atau Nebula dengan cara mengarahkan kamera smartphone Anda ke langit.

5. Quiver
Quiver adalah aplikasi yang dapat membuat gambar 2D menjadi 3d. Dan juga dapat membuat gambar 3D seolah hidup dengan menggunakan hover kamera smartphone anda dan mengarahkannya ke gambar yang ingin anda hidupkan. Dengan menggunakan aplikasi ini tentunya sangat seru saat melihat gambar-gambar favorit anda secara tidak biasa.

Itulah beberapa 5 aplikasi dengan fitur Augmented Reality yang dapat anda instal pada smartphone Android Anda, semoga informasi kali ini memberikan manfaat dan wawasan Anda Terima kasih.

You must be logged in to post a comment Login

Shares