Android

5 Aplikasi Android Boros Memori dan Baterai Yang Wajib Dihapus

By

on

Pro.co.id – Smartphone merupakan ponsel pintar yang sekarang ini banyak dipilih oleh orang-orang dalam pemilihan perangkat ponsel, demi menunjang kemudahan dalam berkomunikasi, bekerja, ataupun juga membantu kegiatan sehari-hari manusia. Fungsi ponsel sekarang tidak hanya bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi dan bertukar pesan saja, namun perangkat ponsel sekarang ini sudah lebih maju karena bisa digunakan untuk menginstall aplikasi-aplikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya guna untuk menambah kemudahan di dalam bekerja dan melakukan aktivitas.

Namun Adakalanya seseorang terkadang menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya atau aplikasi yang bisa membuat kinerja dari perangkat smartphone Android serta daya baterai semakin melemah, hingga akhirnya dapat membuat perangkat smartphone Android mudah rusak dalam waktu singkat.

Oleh karenanya perlu Anda ketahui, beberapa aplikasi seperti yang sudah saya Uraikan di bawah ini yang tidak boleh ada di perangkat smartphone Android Anda jika ingin perangkat Anda awet dan tidak mudah rusak.

Aplikasi wajib hapus pada perangkat smartphone Android :

1. Facebook
Media sosial Facebook adalah salah satu media sosial paling banyak digunakan seluruh dunia, sekarang Facebook telah meluncurkan aplikasi Facebook yang bisa digunakan dengan mudah di perangkat ponsel, salah satunya yang menggunakan sistem Android.

Menggunakan aplikasi ini mungkin memang akan memudahkan anda untuk terhubung dengan teman-teman di Facebook, tapi yang harus anda ketahui, aplikasi ini bisa membuat kapasitas memori internal anda terisi cukup banyak serta bisa membuat daya baterai cepat habis. Lebih baik manfaatkan browser anda sebagai cara untuk Facebook-an daripada menginstal aplikasi Facebook ini supaya ponsel Anda lebih hemat ruang dan baterainya tidak mudah terkuras.

2. Aplikasi cuaca
Mengetahui cuaca hari ini atau hari ke depannya memang menyenangkan untuk dilakukan, karena anda bisa mempersiapkan diri untuk membawa mantel maupun payung ke manapun anda pergi, misalkan diprediksi besok hujan. Tetapi aplikasi ini melakukan pembaruan secara terus-menerus, sehingga bisa menguras daya baterai Anda, selain itu juga bisa menguras kuota internet anda. Oleh karenanya, lebih baik menggunakan fitur “Google Now” untuk mengetahui mengenai informasi cuaca daripada menggunakan aplikasi cuaca ini.

3. Anti-virus gratis
Antivirus gratis memang seringkali memberikan embel-embel agar bisa menambah kinerja smartphone Android Anda dan juga dapat membersihkan sampah yang ada pada memori internal maupun RAM. Namun ternyata dibalik itu semua, antivirus gratis ini malah membuat daya baterai Anda cepat habis dan juga membuat kinerja semakin lemot.

Yang perlu Anda ketahui, Android sendiri sebenarnya sudah memiliki sistem operasi yang memungkinkan untuk melindungi sistemnya agar tidak mudah terkena virus-virus berbahaya, jadi tidak usah menginstal antivirus gratis karena sebenarnya Android Anda sudah terlindungi oleh sistem keamanan Android.

4. Aplikasi pembersih dan peningkat kinerja
Meskipun aplikasi pembersih dan peningkat kinerja bisa membersihkan sampah dan juga meningkatkan performa ponsel, tapi aplikasi ini dapat membuat kinerja smartphone Android akan mudah lemot jika tidak sering-sering membersihkan sampahnya, tak hanya itu aplikasi ini juga bisa membuat daya baterai cepat habis.

Daripada menggunakan aplikasi pembersih dan peningkat kinerja, lebih baik gunakanlah cara alami yang sudah ada dalam Android dengan cara masuk ke setting, lalu masuk ke aplikasi kemudian download salah satu aplikasi yang ingin anda hapus sampahnya dan terakhir pilihlah clear cache.

5. Aplikasi browser bawaan Android
Untuk yang terakhir lebih baik anda hapus aplikasi browser bawaan dari Android, lalu install saja aplikasi browser yang memiliki fitur lebih lengkap seperti halnya ROM untuk Android, Opera Mini, UC Browser dan lain-lain.

Itulah 5 Aplikasi Android Yang wajib Dihapus, semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares