Software

Adobe Flash – Mengenal Macromedia Flash Professional 8

By

on

Bidang multimedia saat ini sedang banyak diminati oleh banyak orang. Istilah multimedia secara umum adalah gabungan dari pelbagai media meliputi audio (suara) dan visual (tampilan). Salah satu contoh yang sering kita jumpai adalah televisi. Namun bukan hanya televisi, saat ini penggunaan multimedia sudah merambah ke dunia Internet, telepon seluler, bahkan pelayanan umum seperti ATM.

flash

APAKAH FLASH ITU?

Macromedia Flash adalah sebuah program yang ditujukan kepada para desainer maupun programer yang bermaksud merancang animasi untuk pembuatan halaman web, presentasi untuk tujuan bisnis maupun proses pembelajaran hingga pembuatan game interaktif serta tujuan-tujuan lain yang lebih spesifik.
Untuk itu, Flash dilengkapi dengan tool-tool (alat-alat) untuk membuat gambar yang kemudian akan dibuat animasinya. Selanjutnya, animasi disusun dengan menggabungkan adegan-adegan animasi hingga menjadi movie. Langkah terakhir adalah menerbitkan karya tersebut ke media yang dikehendaki.
Flash adalah program animasi berbasis vektor yang bisa menghasilkan file kecil (ringan) sehingga mudah diakses pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama. Flash menghasilkan file
dapat dibuka tanpa menginstal perangkat lunak Flash, tetapi cukup menggunakan Flash Player yang dipasang pada browser berbasis Windows.

MENGENAL MACROMEDIA FLASH

Pada tahun 1997 Macromedia membeli sebuah program gambar untuk web yang diberi nama FutureSplash dari perusahaan bemama FutureWave. Keistimewaan FutureSplash adalah kemampuannya untuk menggerakkan secara serentak vector grafis menjadi sebuah animasi yang dikirim ke halaman web. Program iniiah yang merupakan cikal bakal Macromedia Flash yang kita kenal sekarang. Macromedia melakukan inovasi besar-besaran sehingga waktu tenggang munculnya Flash versi 1 hingga versi 4 berlangsung hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

Macromedia Flash 4

Macromedia Flash dikenal secara luas pada tahun 1999 dengan versi 4. Saat itu Macromedia membuat dan mendistribusikan secara gratis Flash Player, yaitu sebuah program kecil yang digunakan untuk memainkan file animasi yang dibuat dengan Flash 4 ke bawah. Dengan Flash Player seseorang tidak harus memiliki (menginstal) Macromedia Flash untuk memainkan file animasi.

Macromedia Flash 5

Flash versi 5 diedarkan pada tahun 2000 dan mendapat sanrbutan luar biasa dari khalayak. Program ini telah memperbaiki antarmukanya sehingga lebih mudah dioperasikan.

Macromedia Flash 6 (Flash MX)

Flash versi 6 diedarkan pada tahun 2002 bersama dengan produk Macromedia yang lain seperti FreeHand versi 10, Dreamweaver, Firework, dan Cold Fushion dalam bentuk paket terpadu yang disebut Macromedia Studio MX. Hampir semua program menyeragamkan antarmukanya sehingga pemakai produk Macromedia akan mudah menggunakan program-program tersebut.

Macromedia Flash 7 (Flash MX 2004)

Ternyata konsistensi produk Macromedia Studio sulit dipertahankan karena masing-masing program tidak memiliki kecepatan perkembangan yang sama. Detelah freehand merilis versi 11, pada tahun 2004 Flash merilis Flash MX 2004. Sementara program lain belum mampu membuat versi barunya. Macromedia juga mengeluarkan versi Flash Lite untuk menyusun animasi pada telepon seluler.

Macromedia Flash Basic 8 dan Macromedia Professional 8

Tahun 2005 Macromedia mengeluarkan Flash Basic 8 dan Flash Professional 8. Masing-masing ditujukan untuk desainer pembuat animasi serta pengguna yang memerlukan fasilitas lanjutan baik untuk para pengembang (pembuat program baik dari sisi artistik maupun database) dan pembuat aplikasi interaktif yang memerlukan fasilitas lebih dari sekadar fasilitas dasar. Mungkin ini merupakan strategi pasar agar mereka yang ingin mengenal Flash bisa memperoleh paket dengan harga murah dengan membeli Flash Basic 8, sementara versi lengkap- nya dijual dengan harga lebih mahal.

PENGETAHUAN DASAR YANG DIPERLUKAN

Anda setidaknya haras menguasai hal berikut sebelum menggunakan Flash:

  • Mengenal istilah-istilah serta cara penggunaan sarana di lingkungan Microsoft Windows, karena Flash 8 kliususnya hanya dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows XP.
  • Dapat menggunakan Internet untuk browsing dan memahami lingkungan yang ada pada halaman web.
  • Pernah menggunakan atau meiiguasai salah satu dari program gambar seperti CorelDRAW, FreeHand, Illustrator, Photoshop, maupun Macromedia Firework.

Demikian postingan yang bisa admin sampaikan pada kesempatana ini, semoga artikel tentang Adobe Flash – Mengenal Macromedia Flash Professional 8 dapat bermanfaat untuk membaca. Terimakasih dan sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya .. ^^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares