Informasi

6 Cara Mudah Mengatasi Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar

By

on

6 Cara Mudah Mengatasi Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar – Memiliki akun media sosial saat ini memang menjadi hal wajib bagi semua orang. Salah satu aplikasi sosial media yang kini banyak digunakan yaitu Instagram. Instagram memiliki berbagai fitur menarik, seperti berbagi foto dan video. Tapi apakah kalian pernah ingin menonton video instagram namun video tersebut tidak bisa diputar sama sekali? Meskipun banyak hal bisa jadi penyebab hal tersebut terjadi termasuk karena jaringan internet yang buruk. Nah kalian tenang saja untuk mengatasi video instagram yang tidak bisa diputar tersebut, kali ini kita akan memberikan tips cara mengatasi video instagram yang tidak bisa diputar.

Cara Mengatasi Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar

1. Lakukan Restart Pada Smartphone

Cara pertama yang bisa kalian lakukan saat video di Instagram tidak bisa di putar yaitu dengan merestart smartphone kalian erlebih dahulu. Tujuan hal ini dilakukan yaitu agar semua aplikasi bekerja seperti semula dan video instagram tersbeut dapat berputar seperti seharusnya.

2. Hapus Cache Aplikasi Instagram

Cache merupakan file yang berguna untuk menyimpan data dari aplikasi secara sementara. Jadi, saat kalian membuka aplikasi Instagram dan melihat foto maupun video, maka akan menghasilkan data cache pada aplikasi Instagram tersebut.

Nah jika kalian ingin memutar video instagram tapi tidak bisa, untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menghapus semua data sementara yang tersimpan di aplikasi Instagram tersebut. Berikut cara menghapus cache aplikasi instagram,:

a. Pertama buka Settings/Pengaturan pada smartphone kalian, lalu tap Applications/Aplikasi, kemudian tap Applications Manager/Manajer Aplikasi.

b. Selanjutnya, cari aplikasi Instagram lalu tapi Storage

c. Kemudian, pilih Clear Cache

3. Update Aplikasi Instagram

Hal lain yang bisa untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar yaitu dengan cara mengupdate aplikasi instagram di smartphone kalian. Hal tersebut bertujuan agar bug (kesalahan atau error) yang ada pada versi aplikasi instagram sebelumnya hilang.

Biasanya developer aplikasi akan melakukan update aplikasi selain untuk menambah fitur juga untuk memperbaiki bug atau kesalahan/error yang ada di versi sebelumnya.

4. Aktifkan Default Cellular Data Use

Salah satu penyebab kenapa video tidak bisa diputar di Instagram, kalian mengaktifkan fitur Use Less Data. Jadi, saat kalian mengaktifkan Use Less Data maka ini akan mempengaruhi video Instagram yang berputar lebih lama saat dimuat. Berikut cara mengaktifkan default di penggunaan data seluler:

a. Pertama, buka aplikasi instagram lalu tapi ikon titik tiga atau Setting dibagian pojok kanan atas, kemudian tap Celluler Data Use.


b. Selanjutnya pilih dan tap Default pada fitur Cellular Data Use.

5. Uninstall dan Install Kembali Aplikasi Instagram

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, maka kalian dapat meng-uninstall aplikasi instagram lalu meng-installnya kembali. Dengan install kembali aplikasi instagram kalian masih baru dan tidak ada tumpukan data dan cache. Sehingga, video akan berputar dengan baik apabila jaringan internetnya baik.

6. Factory Reset/Mengembalikan ke pengaturan Pabrik

Jika kalian merasa smatrphone kalian memiliki spesifikasi medium dan seharusnya bisa menjalankan aplikasi dengan stabil, maka untuk mengatasi video instagram tidak bisa diputar dapat diputar dengan cara melakukan factory reset/hard reset atau mengembalikan ke pengaturan pablik. Tapi perlu diingat, sebelum melakukan hal tersebut kalian harus mem-backup data penting kalian.

Cara factory reset yaitu buka menu seting > Backup & Reset > Factoru Data Reset, lalu pilih Reset Device hapus semua data.

Itulah informasi tentang “6 Cara Mudah Mengatasi Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

You must be logged in to post a comment Login

Shares