Informasi

5 Cara Mudah Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android

By

on

5 Cara Mudah Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android – Notifikasi yang terus berbunyi membuat kita terganggu, selain itu notifikasi ini juga dapat menghambat proses kerja smartphone. Biasanya notifikasi paling banyak berasal dari aplikasi sosial media yang terpasang di android kita. Nah kali ini kita akan memberikan tips cara mengurangi pemberitauan atau notifikasi mengganggu tersebut. Berikut selengkapnya.

Cara Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android

1. Menonaktifkan Pemberitahuan Promosi

Saat menginstall aplikasi maka secara otomatis kita juga mengijinkan aplikasi tersebut memberi notifikasi setiap waktu. Fitur tersebut dibuat agar pemilik dan pengguna aplikasi tersebut dapat terus berhubungan. Namun terkadang fitur tersebut muncul berlebihan dan tidak terlalu penting.

Tapi jangan khawatir, untuk menghentikan hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan. Caranya masuk ke menu Pengaturan/Setelan > Suara & Pemberitahuan lalu Pemberitahuan Aplikasi. Selahkan pilih aplikasi lalu gidupkan pilihan blokir. Maka, pemberitahuan promosi tidak akan muncul lagi.

2. Menonaktifkan Pemberitahuan di Aplikasi Sosial Media

Notifikasi sosial media memang paling sering masuk di ponsel. Namun, untuk itu kita dapat membatasunya melalui pengaturan di aplikasi tersebut. Bagi kalian pengguna twitter dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu yang ada di samping lalu klik Pengaturan & Privasi lalu pilih Pemberitahuan kemudian pilih pemberitahuan yang akan dimatikan.

Bagi kalian pengguna facebook dapat dilakukan dengan masuk ke menu garis tiga yang ada di bagian kanan atas lalu pilih setelan pemberitahuan. Disana kalian dapat memiliki pemberitahuan yang ingin kalian hilangkan.

3. Mengatur Filter untuk Pesan Masuk Email

Di email terdapat kategori pesan bukan soam tapi mengganggu, contohnya seperti email penawaran, email promosi dan lain sebagainya. Namun kini layanan email seperti Gmail memiliki fitur filter untuk mengatasi hal tersebut. Jadi, pesan yang masuk akan tersaring secara otomatis sehingga notifikasi yang kurang penting tidak akan muncul. Cara Aktifkan filter notifikasi pesan di Gmail yaitu:

  • Pertama buka Gmail
  • Setelah itu, pada kotak penelusuran bagian atas klik tanda panah bawah
    Lalu, masuk kriteria penelusuran. Apabila ingin memeriksa penelusuran tersebut bekerja, klik tombol telusuri.
  • Pada bagian bawah penelusuran, klik buat filter dengan penelusuran ini.
  • Pilih apa yang ingin kalian buat dengan filter tersebut lalu klik buat filter.

Ketika membuat filter maka hanya pesan masuk baru yang berpengaruh. Juga saat ada seseorang yang membalas pesan yang telah terfilter maka balasan tersebut hanya akan difilter sesuai dengan kriteria penelusuran yang telah dibuat sebelumnya.

4. Gunakan Mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”

Pengguna smartphone sering kali menggunakan mode getar jika tidak ingin terganggu dengan suara ponsel mereka. Tapi, mode tersebut akan tetap mengganggu jika ponsel diletakkan dalam saku atau diatas meja.

Pilihan lain yang bisa digunakan yaitu mode diam yang bisa jadi saat ada panggilan penting kita tidak tahu. Cara lainnya kalian dapat menggunakan mode “Do Not Disturb” yang ada di smartphone Android. Cara amengaktifkan mode tersebut yaitu klik menu Setelan > Suara & Getaran > Jangan Ganggu. Lalu cari Izinkan Pengecualian, aktifkan Panggilan Berulang. Setelah itu kalian juga harus menonaktifkan fitur pemberitahuan saat mode ini diaktifkan.

Jika sudah diaktifkan maka ponsel tidak akan berbunyi dan pemberitahuan atau notifikasi apapun tidak akan muncul. Tapi jika ada panggilan dari orang yang sama secaea berulang kali dalam beberapa menit maka mode ini otomatis kan dinonaktifkan.

5. Menggunakan Aplikasi Spam SMS Filtering

SMS yang berisi penawaran sering banyak masuk ke ponsel dan hal tersebut memuat kita terganggu. Untuk mengatasinya, kita dapat menyaring pesan tersebut dengan menggunakan aplikasi SMS default dengan aplikasi pihak ketiga.

Itulah informasi tentang “5 Cara Mudah Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android“, Semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares