Troubleshooting

17 Macam Software Yang Wajib di Install Setelah Melakukan Install Ulang

By

on

Pro.Co.Id – Salah satu alasan mengapa banyak orang banyak melakukan instal ulang pada perangkat komputer ata laptop yang dimilikinya yaitu karena perangkan terdeteksi oleh virus, proses loading semakin lambat, terdapat data yang corupt dan masih banyak alasan lainnya. Hal pertama yang banyak pengguna perangkat komputer maupun pengguna laptop cari pastinya software-software yang dibutuhkan oleh perangkat yang baru saja di install ulang. Kali ini Pro.Co.Id akan membagikan informasi tentang software apa sajakah yang sering digunakan dan dibutuhkan oleh pengguna setelah melakukan install ulang perangkat.

1. Driver
Sebelum anda meng-install software-software lain, utamakan terlebih dahulu untuk menginstall driver dari setiap hardware yang digunakan di PC atau di laptop, seperti VGA, Motherboard, Keyboard dan Mouse.

2. Web Browser
Windows sudah menyediakan web-browser bawaan dari OS yaitu Internet Explorer, tetapi jika kamu ingin menggunakan software browser lain, sekarang sudah banyak sekali browser gratis yang populer seperti Google Chrome, Firefox,Opera,maxthon, UC Browser for pc dan jenis browser lainnya.

3. Downloader
Setelah kita menginstall web browser, tidak lengkap jika kita tidak menginstall software downloader untuk mendownload berbagai macam jenis file yang kita butuhkan. Salah satu software downloader terbaik yaitu Internet Download Manager.

4. WinRAR
Beberapa jenis file hasil dari download atau kiriman biasanya dalam keadaan sudah di .RAR atau file telah digabungkan dalam arsip supaya ukurannya lebih kecil dan ringkas. Untuk meng-ekstrak file tersebut diperlukan sofware winRAR dalam perangkat komputer atau laptop.

5. Office
Yang tidak kalah penting dengan software-software diatas yaitu Office. Baik pengguna yang masih di bangku sekolah atau mahasiswa, serta pekerja kantor biasanya sangat membutuhkan software ini untuk membantu memudahkan mereka melakukan kegiatan . Seperti pengerjaan dokumen yang biasa menggunakan Microsoft Word, Perhitungan menggunakan Microsoft Office, Presentasi menggunakan Microsoft Power Point dan Database menggunakan Microsoft Acces.

6. Multimedia
Multimedia biasanya digunakan sebagai software pemutar file multimedia seperti musik maupun video. Terdapat banyak sekali jenis software multimedia yang dapat kamu gunakan pada perangkat komputer, seperti:

  • VLC Media Player
    Salah satu software multimedia terpopuler yaitu VLC. VLC memiliki banyak sekali fitur, banyak yang memilih menggunakan vLC sebagai software multimedia karena VLC sudah memiliki Codec yang lengkap didalamnya sehingga tidak perlu menginstall codec dari luar.
  • GOM Player
    Multimedia ini cukup populer di Korea Selatan. Tidak kalah denga VLC, dengan menggunakan Gom Player kamu bisa menontoh video atau fiml yang masih dalam proses download. Gom Player juga memiliki fitur pendukung untuk subtitle seperti SRT, SMI, ST dan lainnya.
  •  iTunes
    iTunes merupakn sofware multimedia milik Apple yang cukup laris di pasaran. Apalagi untuk pengguna Apple, pasti sudah terbiasa menggunakannya untuk proses pemindahan data. iTunes juga memiliki banyk sekali kelebihan, seperti contohnya kamu bisa membeli lagu orisinil secara digital, hingga tidak jarang banyak musisi yang menjual hasil karya mereka lewat iTunes, contohnya, Sheila On 7 sukses menjual karya album ke 8 nya lewat iTunes.

7. Antivirus
Software penting yang harus kamu install yaitu Antivirus, AntiMalware dan Keamanan. Saat ini banyak sekali virus, malware, adware, bloatware, dan lainnya yang mengancam keamanan serta data-data dalam PC kamu. Apalagi jika kamu sering download melalui internet, atau sering menggunakan flashdisk, sudah pasti virus dapat dengan mudah menyerang perangkat kerja kamu. Kamu dapat menggunakan beberapa jenis antivirus seperti SMADAV, Avast Internet Security atau lebih baik menggunakan software dari windows yaitu Microsoft Security Essential.

8. Software Maintenance
Tujuan menginstall sofware maintenace yaitu untuk menjaga performa perangkat, karena tujuan dari melakukan install ulang windows adalah mengembalikan performa dari perangkat komputer atau Laptop agar lebih maksimal dan tidak lagi lambat. Banyak jenis software maintenance yang dapat kamu install apda perangkat kerja kamu, seperti

  • CCleaner
    CCleaner berfungsi untuk menghapus cookies, history, serta junk file setelah kamu menggunakan browser. Selain itu kamu juga bisa mempercepat startup booting dari PC atau laptop kamu dengan mengatur software apa saja yang dijalankan pertama kali setelah kamu menyalakan PC atau laptop.
  • Auslogics Disk Defrag
    Auslogics Disk Defrag berfungsi untuk merapikan penempatan file-file agar lebih mudah dalam proses pencarian dan meningkatkan performa dari PC.
  • Auslogics Duplicate File Finder
    Auslogics Duplicate File Finder berfungsi untuk menemukan serta menghapus file-file yang dianggap duplikasi dengan melihat kesamaan dari beberapa faktor seperti tipe file, ukuran file, dan lainnya.

9. VPN
VPN merupakan file yang berfungsi untuk menjebol situs yang diblokir oleh internet posistif. Tapi gunakan software ini dalam area positif. Salah satu software VPN terbaik yaitu Hotspot Shield. Hotspot Shield berfungsi sebagai VPN agar IP kamu disamarkan dan dianggap dari luar negeri sehingga dapat mengakses website-website yang diblokir Internet Positif.

10. Software Grafis
Untuk kamu yang hobi dalam bidang grafis, software-software ini wajib kamu install dalam perangka komputer. Salah satu software grafis terbaik yang dapat digunakan untuk mengolah serta mengedit gambar atau foto yaitu Adobe Photoshop.

11. Software Compress File
Software Compress digunakan untu mengubah ukuran file menjadi lebih kecil, salah satu software yang bisa kamu install dalam perangkat komputer kamu yaitu Format factory, dengan menggunakna format factory kamu bisa mengatur kualitas file keluaran yang kamu rubah .

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ..

You must be logged in to post a comment Login

Shares